Pembangunan TPA Bondowoso Terkendala Akses Jalan

83
Gunungan sampah di TPA Desa Paguan yang overload

BONDOWOSO – Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Bondowoso telah menyiapkan lahan seluas 6,6 Hektare (Ha) untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Sumber Kokap, Kecamatan Taman Krocok.

Luasan lahan tersebut diantaranya dipersiapkan untuk pembangunan TPA itu sendiri seluas 5,2 Ha. Sementara sisanya, yakni, dengan luas 1,4 Ha dipersiapkan untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT).

Penyediaan lahan untuk pembangunan TPA tersebut, dikatakan Kasi Pengolahan Sampah dan Limbah B3 di DLHP setempat, Abdul Asis, dilakukan karena kondisi TPA yang ada di Desa Paguan sudah tidak memungkinkan.

“Gunungan sampah di TPA Desa Paguan sudah sangat tinggi. Tidak mungkin lagi kita buang disana,” ungkapnya, Kamis (22/8/2019), di kantornya.

Namun demikian, pembangunan TPA di Desa Sumber Kokap masih belum bisa dilakukan. Menurut Asis, sapaan akrab pria ini, pihaknya masih menyusun Detail Engineering Design (DED) untuk melakukan pembangunannya.

“Kami targetkan di tahun 2019 ini, DED yang dimaksud sudah selesai,” ucapnya.

Selain itu, dipaparkan Asis, masih ada kendala dalam pembangunan di TPA yang baru ini yang harus diselesaikan dan membutuhkan sinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat.

“Akses jalan ke TPA yang baru ini juga menjadi kendala untuk melakukan pembangunan. Dari tahun 2018 lalu, akses jalan yang digarap oleh Dinas PUPR setempat baru sekitar 100 meter yang tergarap,” pungkasnya.

Untuk diketahui, produksi sampah di Kabupaten Bondowoso mencapai 42 ton setiap harinya. Jumlah tersebut berasal dari 12 Kecamatan yang ada di Bondowoso. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here