Pembukaan TWA Kawah Ijen Mulai Dipersiapkan

48
Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat didampingi Kepala Disparpora, Harry Patriantono saat dikonfirmasi awak Media

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar rapat koordinasi dengan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Jember dalam rangka rencana pembukaan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, di Aula Disparpora, Rabu (24/6/2020).

Rapat koordinasi yang melibatkan dua kabupaten tersebut, juga melibatkan BKSDA sebagai penengah wilayah setempat dan dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat beserta puluhan pelaku usaha di bidang kepariwisataan.

Menurut Wabup Irwan, Rakor tersebut digelar untuk merumuskan dan menerima masukan-masukan dari dua daerah tersebut, dalam mempersiapkan pembukaan Kawah Ijen.

“Yang pasti akan dirumuskan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, bagaimana TWA Kawah Ijen ini secepatnya bisa dibuka kembali,” ungkap Wabup Irwan.

Kendati demikian, meski TWA Kawah Ijen akan dibuka kembali, peraturan yang telah ditetapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 harus tetap mengacu kepada protokol Kesehatan yang ada.

“Yang penting meskipun dibuka kembali, harus tetap mengikuti aturan Protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dsparpora, Harry Patriantono mengemukakan, dalam upaya menyambut dibukanya kembali TWA Kawah Ijen, Pihak Disparpora telah menyiapkan protokol kesehatan yang sessuai dengan standard yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kita, Banyuwangi dan Bondowoso harus menyiapkan protokol kesehatan sesuai standard, dan untuk Kabupaten Bondowoso sendiri telah kita siapkan,” paparnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa untuk persiapan new normal pihaknya sudah menyediakan bantuan yang sudah disediakan seperti, masker, tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

“Kami menunggu keputusan bapak bupati kapan siap dibuka, karena kami sudah memberi pembinaan kepada pengelola wisata dan intinya mereka siap,” tutupnya.

Perlu diketahui, untuk persiapan itu pihaknya juga melibatkan petugas kesehatan TNI dan Polri.Untuk tindak lanjutnya nanti akan dilakukan kembali rapat koordinasi bersama BKSDA , Bondowoso dan Banyuwangi pada tanggal 9 dan 10 Juli 2020 di Paltuding. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here