Pemdes Kejawan Salurkan Bantuan Benih untuk Petani

96

BONDOWOSO – Pemerintah Desa Kejawan, Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, terus memberikan bantuan kepada petani, untuk meningkatkan produktivitas padi unggulan.

Tahun 2022 ini, Pemdes Kejawan memberikan bantuan benih padi unggul sebanyak 5 ton, yang dianggarkan dari Dana Desa. Jumlah tersebut bisa mengcover areal tanam seluas 84 Hektar.

“Setiap petani terakomodir untuk mendapatkan bantuan benih dari kami. Ini diharapkan bisa membantu mengurangi pengeluaran petani saat memasuki masa tanam padi,” kata Sugiyanto, Kepala Desa Kejawan, Kamis (01/12/2022).

Sebagai bentuk keprihatinan Pemdes Kejawan, lanjut Kades, dirinya mengalokasikan anggaran dari Dana Desa tahun 2022 sebesar Rp 80 jutaan. Hal itu, dilakuan karena saat ini harga benih dan pupuk sangat mahal.

“Ini kami lakukan untuk membantu petani dan membantu meningkatkan stok pangan di komoditi padi. Bagaimanapun caranya, kami berkomitmen untuk memberdayakan petani melalui bantuan benih ini,” tambahnya.

Untuk sistem pembagiannya bukan melalui Kelompok Tani (Poktan). Namun, Pemdes terus berkoordinasi dengan Poktan, agar alokasinya tepat sasaran. Bahkan, bantuan tersebut diserahkan langsung kepada petani.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Poktan. Sekitar 300 petani datang dan menerima langsung bantuan benih. Ini kami lakukan agar bantuan ini seusia by name by address,” tambah Kades Sugiyanto.

Melalui program ini harus diaplikasikan dengan baik oleh para petani. Sehingga, besar harapan dengan bibit padi unggul, hasil panen padi di Desa Kejawan bisa meningkat dan sesuai harapan para petani.

“Kami berharap benih ini nantinya ditanam dengan pola tanam yang baik, sehingga bisa menghasilkan padi yang berkualitas, sesuai dengan harapan para petani di desa kami,” harapnya.

Penyaluran bantuan benih tersebut mendapat apresiasi dari Saiful, salah satu warga Desa Kejawan yang menerima bantuan. Menurutnya, program tersebut sangat tepat, karena bisa membantu meringankan beban petani.

“Saya sangat berterimakasih atas bantuan benih ini. Semoga kedepannya, bantuan semacam ini bisa dikembangkan, sehingga produksi padi di Desa Kejawan bisa terus meningkat,” pungkasnya. (rzq)

Artikulli paraprakPamsimas Desa Grujugan Lor, Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga
Artikulli tjetërPTPD Harus Bisa Kawal Penggunaan Keuangan Desa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini