Pemdes Kejawan Serius Tanggulangi COVID-19

102

BONDOWOSO – Pemerintah Desa (Pemdes) Kejawan Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso turut aktif dalam pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Berbagai upaya dilakukan, seperti, sosialisasi penanganan COVID-19, pembagian masker gratis, penyemprotan disinfektan ke seluruh wilayah Desa Kejawan yang dilakukan 1 kali setiap minggunya.

Hingga di pekan kedua bulan April ini, Pemdes juga menuntut warga yang baru pulang dari luar kota, untuk melapor kepada Pemdes agar dilanjutkan pada cek kesehatan oleh tim medis desa.

“Pembagian masker sendiri, kita berikan secara door to door. Untuk sementara, kita juga memberikan tempat cuci tangan di dua titik setiap RT-nya,” jelas Kepala Desa (Kades) Kejawan, Sugianto SE, Kamis (9/4/2020), melalui pesan Whatsappnya.

Apalagi menurutnya, mendekati bulan Ramadhan adalah puncak kembalinya santri dari Pondok Pesantren tempat mereka belajar.

“Banyak santri maupun santriwati pulang mendekati bulan Ramadhan ini, mereka juga tidak luput dari pengawasan serta pengecekan kesehatan tim medis,” ungkap Sugianto.

Tak hanya itu, Pemdes Kejawan juga menunda seluruh kegiatan masyarakat yang tujuannya untuk mengumpulkan massa. Karena menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi penularan pandemi virus mematikan ini.

“Salah satu yang sudah dilakukan adalah menunda kegiatan keagamaan. Bahkan di Desa Kejawan, bulan ini ada 10 pernikahan yang telah ditunda menggelar pestanya, kami hanya memperbolehkan pada prosesi akad nikahnya saja,” terang Sugianto.

Saat ini Pemdes Kejawan selain memberikan masker dan himbauan hidup bersih kepada masyarakat, Kades bersama tiga pilar juga menyerahkan bantuan 30 alat semprot disinfektan.

“Selain nantinya digunakan untuk alat pertanian, hand sprayer yang kita salurkan saat ini bisa difungsikan untuk menyemprot disinfektan. Jadi warga yang membutuhkan hand sprayer, bisa menghubungi orang yang diberi amanah memegang alat tersebut,” tukasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Bondowoso masuk dalam zona merah COVID-19 setelah terkonfirmasi 1 warga Kecamatan Wringin positif corona.

Adapun data yang didapat dari Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Dinas Kesehatan (Dinkes), diantaranya, Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 720 orang, 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 1 orang positif corona. (Ihwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here