Pemkab Bondowoso Apresiasi Acara Festival Pecinan 2019

561
Wakil Bupati bersama jajaran Forkopimda saat mengunjungi Kampung Pecinan

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso sangat mengapresiasi partisipasi aktif warga Tionghoa, yang berada di sepanjang jalan PB Sudirman, atau yang dikenal dengan Pecinan, yang ikut memeriahkan Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) ke 200.

Sepanjang jalan PB Sudirman yang biasanya ramai dengan lalu lalang kendaraan bermotor, kini dipadati oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan. Berbagai suku bangsa dan agama, yang membludak di sepanjang pecinan, mencerminkan betapa indahnya sebuah kebersamaan.

Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar yang datang meresmikan dan memantau langsung festival pecinan bersama Forkopimda, memberikan apresiasi kepada seluruh warga keturunan dan paguyuban komunitas warga setempat, yang telah ikut serta meramaikan dan memeriahkan Harjaboi ke 200.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bondowoso, saya selaku Wakil Bupati merasa bangga dan berterima kasih kepada paguyuban komunitas warga PB Sudirman sudah sangat antusias turut memeriahkan Harjabo ke 200 ini,” urai Wabup Irwan saat memberikan sambutan sekaligus membuka Festival Pecinan, Minggu malam, (30/6/2019).

Dikatakan Wabup, Mereka, (Warga PB Sudirman) yang rata-rata para pemilik ruko, bergotong royong mengumpulkan dana untuk menggelar acara tersebut. Bahkan, Irwan Bachtiar menegaskan jika dalam gelaran Festival Pecinan tersebut, tidak ada anggaran APBD yang dikucurkan.

“Ini semua swadaya. Mereka semua warga keturunan di pecinan urunan untuk memeriahkan Festival Pecinan, untuk memperingati dan menyemarakkan hari Jadi Kabupaten Bondowoso ke 200 tahun,” tuturnya, didampingi oleh jajaran Forkopimda.

Lebih lanjut, Wabup Irwan mengatakan jika Festival Pecinan kali pertama yang digelar oleh masyarakat setempat, menjadi bukti bahwa masyarakat keturunan di jalan PB Sudirman sangat merasa memiliki kabupaten yang berjuluk Republik Kopi tersebut.

“Ini bukti keanekaragaman masyarakat kita Bondowoso, dan ini harus dikembangkan sebagai simbol kebersamaan masyarakat Bondowoso,” tegasnya.

Lebih jauh, Wabup Irwan berharap kepada seluruh masyarakat khususnya Warga PB Sudirman untuk terus mengembangkan partisipasi aktif mereka dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bondowoso berikutnya.

“Harapan kami selaku Pemerintah Kabupaten seluruh masyarakat Bondowoso, khususnya warga PB Sudirman nantinya acara semacam ini harus dikembangkan dalam rangka membranding Bondowoso sebagai destinasi wisata,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Acara festival Pecinan akan diselenggarakan Mulai tanggal 30 hingga tanggal 6 July 2019, dengan menyajikan wisata Kuliner dan berbagai macam jajanan khas daerah Bondowoso. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here