Pemkab Bondowoso Dukung Industri Ternak dari Hulu ke Hilir

191
Wabup Irwan didampingi Pj Sekretaris Daerah Agung Trihandono dan Kabid Peternakan Murjana saat dikonfirmasi

BONDOWOSO– Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso dalam rangka mendukung pertumbuhan industri ternak terus dilakukan. Sebagai lumbung ternak yang ada di Jawa Timur, Pemkab setempat akan membangun industri ternak dari hulu sampai hilir.

“Selama ini Kabupaten Bondowoso menjadi lumbung ternak, ini akan kami jadikan ikon bahwasanya Bondowoso benar-benar lumbung ternak, tapi dari segi industri peternakan dari hulu sampai hilir akan kita bangun,” urai Wakil Bupati Irwan Bachtiar saat dikonfirmasi usai memberikan sambutan pada acara pelatihan ternak di Desa Karang Anyar Kecamatan Tegalampel, Minggu (16/6/2019).

Dikatakan Wabup, Pemkab Bondowoso akan memberikan dukungan penuh sektor ini. Karena, perkembangan tekhnologi tentang peternakan yang ada, menjadikan sebuah inspirasi bagi Pemkab setempat.

“Setelah kami melihat di lapangan cara pengolahan sistem ternak yang sudah modern seperti ini, bisa menjadi inspirasi kami untuk menindaklanjuti dengan memberikan intervensi masalah anggaran untuk sektor ini,” paparnya.

Lebih jauh, Irwan Bachtiar tersebut mengutarakan pengolahan sistem ternak secara modern, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD).

“Dari pengolahan pakan ataupun limbah, kotoran akan bisa menghasilkan manfaat yang baik, tentunya nanti kita akan mendatangkan investor dari luar,” tuturnya.

Dirinya juga menambahkan, pelatihan ternak juga sebagai wujud dorongan Pemkab untuk kemajuan ternak yang ada, dengan demikian Pemkab akan mensuport dengan anggaran APBD.

“Pelatihan semacam ini juga bentuk dukungan kita, nanti kita akan formalkan anggaran APBD dengan mengundang profesor ahli,” tegasnya.

Sementara, Murjana, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Diperta) Bondowoso mengatakan, pelatihan yang diberikan kepada kelompok ternak, merupakan pelatihan SDM bagi para kelompok ternak yang ada di Kabupaten Bondowoso yang merupakan kluster peternakan di Bondowoso.

“Kita sudah mulai kembangkan di beberapa wilayah yang di Bondowoso, seperti di Cermee, Wonoboyo, karena populasi ternak di Bondowoso sangat besar sekali yakni, mencapai 224 ribu sapi potong pada tahun 2018 kemarin,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here