Pemkab Bondowoso Gelontorkan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro Terdampak PPKM Darurat

2
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso akan segera merealisasikan bantuan kepada masyarakat khususnya pelaku usaha mikro yang terdampak langsung atas diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Hal tersebut dinyatakan langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Bondowoso, KH Salwa Arifin. Menurutnya, bantuan tersebut berupa uang tunai selama  dua bulan kedepan.

“Ini merupakan tanggung jawab Pemkab Bondowoso terhadap masyarakat sebagai pelaku usaha mikro yang terdampak diterapkannya PPKM Darurat ini. Nanti akan disalurkan melalui Dinas Sosial (Dinsos),” papar Bupati Bondowoso ini, Rabu (14/7/2021).

Dijelaskan Bupati Salwa, anggaran yang dialokasikan ini berasal dari dana Biaya Tak Terduga (BTT) miliknya dan akan segera dicairkan. Namun menurutnya, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Anggaran yang dialokasikan itu sudah dibahas Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso bersama tim anggaran. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM Darurat ini,” ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Dinsos Kabupaten Bondowoso, Saefudin Zuhri mengakui bahwa, program bantuan tersebut dialokasikan dari APBD II, dana BTT milik Bupati.

“Untuk penyaluran nanti, kami pastikan tidak akan terjadi tumpang tindih bantuan, karena data yang ada telah divalidasi dan diverifikasi oleh pihak kami,” ungkapnya.

Menurut data dari Dinsos Kabupaten Bondowoso, bantuan akan diterima oleh, PKL serta pedagang asongan di alun-alun berjumlah 303 orang, PKL dan pedagang asongan di jembatan Ki Ronggo sebanyak 29 orang, sedangkan PKL di pujasera SMAN 2 Bondowoso sejumlah 21 orang.

Selanjutnya, sopir dan kernet angkot sebanyak 130 orang, karyawan cafe sejumlah 150 orang, pekerja tempat mainan anak di alun-alun sebanyak 50 orang. Termasuk tukang becak yang berjumlah 59 orang dan 11 orang pekerja bendi wisata.

“Bantuan ini untuk pelaku usaha mikro yang terdampak PPKM Darurat. Kami pastikan dalam minggu ini akan terealisasikan dalam minggu ini,” pungkas Plt Kepala Dinsos. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here