Pemkab Bondowoso Identifikasi Kebutuhan Korban Banjir Bandang

54
Wabup bersama Kalak BPBD dan Kepala Desa Sempol saat meninjagu logistik dan bantuan di posko bencana

BONDOWOSO – Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat bersama Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukuh Triatmoko, mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di Desa Sempol dan Kalisat Kecamatan Ijen, pasca banjir bandang yang terjadi pada Rabu (29/1/2020) lalu.

Sejak ditetapkanmya SK tanggap darurat selama 14 hari ke depan, saat ini Pemkab Bondowoso secepatnya akan membenahi infrastruktur, sarana prasarana air bersih dan pembangunan tanggul yang jebol.

“Kita akan lakukan recovery, dalam jangka pendek. Jadi apa yang dibutuhkan masyarakat, semisal sarana air bersih, di desa Sempol, dalam 14 hari akan dibenahi dan harus bisa berfungsi kembali. Untuk infrastruktur lainnya, kami akan meminta bantuan dari provinsi,” katanya saat meninjau tanggul yang jebol di Desa Sempol, Sabtu (1/2/2020).

Selain logistik, Wabup meminta semua pihak menginventarisir kebutuhan yang sangat mendesak dan diperlukan bagi warga yang terdampak. Bahkan, dirinya meminta Kepala Desa untuk mendata jumlah anak-anak sekolah yang terdampak.

“Kepala Desa sudah menginventarisir, apa yang sangat dibutuhkan, diantaranya, peralatan mandi, buku, seragam dan peralatan masak. Intinya, semua kebutuhan warga yang terdampak harus diinventarisir, dan pemerintah harus hadir,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Irwan Bachtiar Rahmat mendatangi lokasi Posko kesehatan, dapur umum, melihat proses pembuatan tanggul penahan air di plengesengan yang jebol, bahkan menyaksikan secara langsung proses bersih-bersih yang dilakukan oleh warga bersama seluruh tim relawan.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Irwan juga menghampiri tim trauma healing Polres Bondowoso yang tengah melakukan upaya menghilangkan trauma puluhan anak korban terdampak banjir. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here