Pemkab Bondowoso Kampanyekan Pendidikan Inklusi

131

BONDOWOSO– Untuk memberi akses pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar Kampanye Pendidikan Inklusi di Alun-alun Ki Bagus Asra, Rabu (7/8/2019).

Menariknya, kampanye pendidikan inklusi ini juga dihadiri oleh Isteri Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin Dardak, bersama perwakilan dari Unicef Jawa Timur dan ribuan siswa Paud.

Dalam sambutannya, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengatakan, pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidup agar lebih bermartabat. Oleh karena itu, Negara berkewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali.

“Hal ini telah tertuang dalam Undang-undang Dasar(UUD) 1945 pasal 31 ayat 1 yang berbunyi setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak,” tuturnya.

Dikatakan bupati, kualitas anak dan generasi muda sangat menentukan tingkat kemajuan sebuah bangsa. Karena hal tersebut, anak mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh berkembang secara fisik, mental maupun sosial.

“Dalam membangun karakter anak merupakan kewajiban yang berkelanjutan dan pemenuhan atas hak-haknnya adalah jaminan atas ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul,” paparnya.

Lebih jauh, orang nomor satu di Bondowoso tersebut mengungkapkan, di era globalisasi yang semakin meningkat mengantarkan tatanan kehidupan yang baru. Tentunya dengan implikasinya meski dalam beberapa hal juga membawa dampak negatif bagi generasi muda, namun demikian banyak manfaat positif yang diperoleh.

“Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele tapi harus ditanggapi dengan serius,” tukasnya.

Dalam kampanye tersebut disemarakkan oleh ribuan siswa Paud dan TK dari seluruh Kabupaten Bondowoso. Mereka juga berolahraga senam pinguin bersama orangtuanya. Kemeriahan tersebut membuktikan bahwa kepedulian masyarakat di dunia pendidikan sangat tinggi. (Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here