Pemkab Bondowoso Luncurkan KUR Berbasis Peternakan Domba

20
Wabup Irwan saat menyampaikan sambutan pada acara peluncuran percepatan ekonomi nasional

BONDOWOSO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso meluncurkan percepatan ekonomi nasional melalui pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbasis peternakan domba. 

Secara simbolis, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mewakili Bupati KH. Salwa Arifin menandatangani MoU bersama Direktur Pembiayaan Kementrian Dinas Pertanian Republik Indonesia (RI) di Pendopo Bupati, Selasa (11/8/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat menyampaikan, tujuan peluncuran percepatan ekonomi nasional tersebut diharapkan dapat memberikan peluang bagi para peternak yang ada di Bondowoso.

“Diluncurkannya KUR khusus peternak rakyat ini kita harapkan dapat memberi peluang bagi para peternak untuk mengakses permodalan dalam rangka membangun usahanya,” ungkap wabup.

Selain itu, kata Wabup, bantuan KUR tersebut juga bisa sebagai faktor terbentuknya klaster-klaster usaha peternakan yang bisa mendorong ketahanan dan kedaulatan pangan Nasional.

“Untuk tahun kemarin, KUR mikro plafonnya Rp25 juta, alhamdulillah tahun ini bisa bertambah hingga Rp50 juta,” tuturnya.

Lebih jauh, Wabup Irwan menambahkan, KUR tersebut diperuntukkan untuk kelompok ternak yang minimal dalam pembentukan usahanya telah berjangka  6 bulan.

“Tentu saja pinjamnya bersama-sama anggota lain yang yang telah minimal 6 bulan mempunyai usaha yang sama,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here