Pemkab Bondowoso Mulai Konsultasi Publik Penyusunan RDTR

197
Asisten I Pemkab Bondowoso, Agung Trihandono didampingi Kabid Cipta karya PUPR, Syahrial Farry dan Camat Prajekan Abdul Mannan saat menggelar konsultasi publik RDTR

BONDOWOSO– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), menggelar konsultasi publik dalam rangka penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan, di Kantor Camat Prajekan, Selasa (17/12/2019).

Acara yang dibuka oleh Asisten I, Agung Trihandono, sekaligus dilakukan konsultasi publik zonasi kawasan strategis perkotaan.

Menurut Asisten I, konsultasi publik RDTR tersebut merupakan konsultasi pengembangan kawasan perkotaan dan mempersiapkan daerah, untuk menyambut pembangunan exit tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

“Sebenarnya bukan hanya mempersiapkan hal itu, tapi, kami mempersiapkan Kecamatan Prajekan, khususnya Desa Prajekan Kidul, Walidono dan Tarum sebagai wilayah pengembangan kawasan perkotaan,” ungkapnya.

Konsultasi Publik RDTR tersebut, juga dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan sebelum wilayah Prajekan dibentuk sebagai kawasan perkotaan, sehingga sinkronisasi antar pemerintah daerah bisa diwujudkan dengan sebaik-baiknya.

“Didalam RDTR itu sudah ada bagaimana mengatur atau sudah ada konsepnya, yang saat ini kita uji publikkan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya dan Tata Ruang Dinas PUPR, Syahrial Farry mengatakan, konsultasi publik tersebut dilakukan dibeberapa titik kecamatan, diantaranya Kecamatan Klabang, Kecamatan Prajekan dan Kecamatan Tapen.

“Konsultasi publik ini sebagai tindak lanjut dari Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), dimana kajian itu dilakukan untuk memastikan penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam pembanguna suatu wilayah,” tutupnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here