Pemkab Bondowoso Pastikan Kesehatan Pekerja di Zona Merah dan PT Medco Terpantau

24
Proses penyemprotan disinfektan pada kendaraan PT Medco yang keluar masuk Kecamatan Ijen. (Inzet) Sekda Bondowoso, Syaifullah

BONDOWOSO – Sebagai bentuk antisipasi masuknya virus corona (Covid-19) yang dibawa oleh warga Bondowoso yang bekerja di zona merah, Pemerintah Kabupaten setempat akan memeriksa dan memantau kondisi kesehatan para pekerja udang di Pabrik Salem Situbondo.

Selain itu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 juga akan memantau kondisi kesehatan para pekerja PT Medco Power Indonesia yang berada di kawawan Kecamatan Ijen.

Melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, Syaifullah memastikan semua warga yang bekerja di pabrik udang dan PT Medco untuk dipantau kesehatannya, dengan melakukan pengecekan kesehatan maupun observasi secara berkala.

“Kami sudah berkoordinas dengan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga KerjaTadi untuk melakukan protokoler kesehatan sesuai dengan SOP Dinas Kesehatan,” katanya, Selasa (1/4/2020).

Sekda Syaifullah menjelaskan, bahwa kurang lebih ada dua ratus warga Bondowoso yang bekerja pada PT Salem Situbondo. Kata dia, pekerja pabrik udang itu terdiri dari beberapa Kecamatan, umumnya Kecamatan Sukosari, Wonosari dan Grujugan. “Ada lima bis. Kalau satu memuat empat puluh orang, ya sekitar dua ratus orang itu,” jelasnya.

Sekda mengaku, bahwa pihaknya tengah berkoordinasi dengan stake holder terkait penanganan khusus kepada pekerja pabrik udang itu. Salah satunya untuk memastikan beberapa titik penjemputan karyawan yang nantinya akan dijadikan lokasi obserasi. “Nanti di titik itu akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dan lain-lain. Termasuk bis yang digunakan juga akan disemprot,” terangnya.

Sementara, saat ini untuk para pekerja PT. Medco Power Indonesia sudah dilakukan penyemprotan pada kendaraan truk yang keluar masuk membawa material ke Kecamatan Ijen. Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan Ijen, Saudia Yourdan Islami.

Melalui sambungan teleponnya, saat ini pihak Muspika Kecamatan dan desa sudah melakukan penyemprodan disinfektan kepada mobil dan truk yang masuk ke Kecamatan Ijen. “Ini sudah kami lakukan sejak lusa kemarin, di Pos Malabar dan Paltuding, sebagai antisipasi penanganan Covid-19 di Kecamatan Ijen,” katanya, Sabtu (4/4/2020).

Untuk pengecekan kondisi kesehatan, lanjutnya, pihak Medco sendiri sudah menerapkan SOP sesuai standar pemerintah. Sehingga, semua pekerja yang keluar masuk dan bekerja di PT Medco Power Indonesia sudah dipantau langsung oleh Dokter Puskesmas Ijen. “Sudah ada SOP nya. Jadi semua bisa terpantau,” pungkasnya. (rzq/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here