Pemkab Jembrana Bali Belajar Perkebunan Vanili di Bondowoso

15
Wakil Bupati Bondowoso saat berfoto bersama dengan rombongan dari Kabupaten Jembrana Bali

BONDOWOSO – Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat menerima kunjungan dari rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana Bali di Dinas Pertanian dan Peternakan (Dinakkan).

Kunjungan Pemkab Jembrana Bali tersebut, dalam rangka melakukan study banding praktek pertanian vanili di kabupaten yang disebut sebagai kota tape ini.

Wabup Irwan mengatakan, kedatangan rombongan Pemkab di Provinsi Bali itu menjadi awal dalam membumikan Bondowoso sebagai pusat dan lumbungnya vanili.

Selain itu, menurut pria kelahiran Bumi Ki Ronggo ini, juga menyatakan bahwa vanili bisa menjadi produk unggulan kedua setelah kopi.

Bahkan, dalam kunjungan tersebut, Wabup Irwan mengakui bahwa pihaknya tak hanya menjadikan vanili sebagai rujukan untuk Kabupaten tetangga belajar. Melainkan, dirinya juga memaparkan berbagai potensi yang di Kabupaten Bondowoso ini, seperti, bidang peternakan, pertanian maupun perkebunan serta potensi yang lainnya.

“Pertama, saya sampaikan terima kasih kepada Pemkab Jembrana yang sudah menjadikan Kabupaten Bondowoso sebagai jujukan untuk belajar tentang perkebunan vanili. Sudah saya sampaikan berbagai potensi yang ada di Kabupaten kita ini, tujuannya, agar Bondowoso menjadi salah satu rujukan daerah lainnya untuk belajar berbagai potensi yang kita miliki,” paparnya, Selasa (10/3/2020).

Sementara, Wabup Kabupaten Jembrana Bali, I Made Kembang Hartawan menyampaikan, bahwa kedatangannya memang untuk belajar sekaligus belajar lebih teknis dan detail tentang komoditi vanili. Apalagi, menurutnya, vanili diwacanakan menjadi salah satu komoditi unggulan di Bondowoso.

“Saya ingin melihat langsung keberadaan petani vanili di Bondowoso. Apalagi, vanili disini cukup baik produksinya,” pungkasnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here