Pemkab Situbondo Salurkan 19.378 Kartu KIS

49

SITUBONDO – Sebanyak 19.378 jiwa warga miskin akan mendapat kartu KIS APBD Tahap II dari Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. Pendistribusiannya akan dilaksanakan seminggu setelah pelaksanan Pilkades selesai, Selasa (1/10/2019).

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Drs. H. Syaifullah MM menjelaskan, sebelumnya Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo telah mendistribusikan Kartu KIS APBD Kabupaten Situbondo sebanyak 14.000 jiwa.

“Kartu KIS APBD Kabupaten Situbondo ini sebagai pengganti Surat Pernyataan Miskin,” jelas Sekda Syaifullah.

Mekanisme distribusi kartu KIS ini, sambung Syaifullah, akan diserahkan ke camat. Dan penyerahan kartu KIS ini agar disertai tanda tangan penerima serta dilakukan pencocokan antara NIK dalam kartu BPJS dengan NIK penerima yang ada di dalam KTP atau NIK di Kartu Keluarga.

“Apabila NIK penerima tersebut tidak sesuai, maka kartu KIS APBD Kabupaten Situbondo tidak diberikan,” ujar Sekda.

Selain itu, sambung Sekda Syaifullah, kesesuaian alamat dalam kartu KIS dengan alamat di KTP dan KK penerima harus sesuai. Dan apabila alamat tidak sesuai atau salah antara KK dan KTP serta kartu KIS, maka penyerahan kartu KIS tersebut dipending dulu.

“Penerima kartu pindah ke luar kota atau daerah lain, maka kartu tidak dibagikan, penerima meninggal dunia, kartu tidak dibagikan, penerima penduduk yang mampu, maka kartu tidak diberikan,” pungkas Sekda Syaifullah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Drs. H. Abu Bakar Abdi M.Kes menjelaskan, pendistribusian kartus KIS APBD Tahap II disalurkan per kecamatan, setelah pilkades serentak usai.

“Mengingat akan ada pelaksanakan pilkades serentak, maka kartu KIS APBD Tahap II ini akan diserahkan setelah usai pelaksanakan Pilkades lewat kecamatan. Jika para penerima tidak sesuai dengan data analisis kemiskinan partisipatif (AKP), maka data tersebut akan dibetulkan kembali,” jelas Abu Bakar Abdi. (Sony)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here