Pencairan Dana Kelurahan di Bondowoso Terhambat Perbup

313
Ilustrasi (google)

BONDOWOSO – Dana Kelurahan (Dakel) di Kabupaten Bondowoso yang akan segera disalurkan di tahun 2019 ini, bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Kita mendapat DAU dari pemerintah pusat sebesar Rp3,8 miliar,” jelas Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Juni Sukarno saat ditemui di kantornya, Kamis (8/5/2019).

Dikatakan Kabag Pemerintahan yang akrab disapa Juni ini, di Kabupaten Bondowoso ada 10 kelurahan yang akan mendapat kucuran Dakel layaknya DD. Namun, besaran dari Dakel tersebut sama dengan DD terkecil yang diterima oleh Desa.

“Untuk penyaluran Dakel pertama kali ini, nantinya akan sama rata diterima oleh masing-masing kelurahan. Jumlahnya sekitar Rp699 juta,” paparnya.

Namun demikian, dikatakan Juni, bahwa pihaknya tidak bisa menentukan kapan waktu Dakel tersebut akan diterima oleh masing-masing kelurahan. Pasalnya,  masih menunggu rampungnya pembuatan regulasi atau aturan-aturan penggunaan dana tersebut.

“Saat ini, kami masih melakukan kajian-kajian untuk menentukan rambu-rambu yang nantinya harus diikuti oleh pihak kelurahan dalam menggunakan Dakel itu. Kami masih menunggu aturan tersebut di-Perbupkan. Insyaallah, bulan ini akan dikebut,” jelasnya.

Lebih lanjut Juni mengatakan, bahwa kedepannya, setiap kelurahan juga sama dengan pemerintahan di Desa. Harus ada musyarawah layaknya Musyawarah Desa (Musdes).

“Sehingga, nantinya jumlah Dakel yang akan diterima oleh setiap kelurahan berbeda. Sesuai dengan perencanaan dalam musyawarah tersebut,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dakel yang akan diterima oleh setiap kelurahan di Kabupaten Bondowoso ini, sudah ada rambu-rambu yang harus diikuti untuk penggunaannya meskipun belum ada Perbupnya. 40 persen dari jumlah Dakel itu harus digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Sedangkan sisanya, untuk pembangunan sarana dan prasarana (sarpras).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here