‘Pencatut’ Nama Bupati Bondowoso Resmi Dilaporkan

172
Tim kuasa hukum Bupati Bondowoso saat melapor ke Polres Bondowoso

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin melalui kuasa hukumnya, Husnus Sidqi secara resmi melaporkan oknum berinisial HTN alias D kepada kepolisian setempat.

Pelaporan tersebut adalah tindak lanjut terkait adanya dugaan pencatutan nama orang nomor satu di Kabupaten Bondowoso ini. Pencatutan nama KH Salwa Arifin berupa pemalsuan surat permohonan sumbangan akan digelarnya open turnamen Bupati Cup di lapangan Kecamatan Wonosari Desa Tangsil Wetan.

“Kami melaporkan HTN alias D, seorang warga Desa Tangsil Wetan karena diduga telah memalsukan surat serta tandatangan Bupati Bondowoso beserta stempelnya,” ungkap Husnus di ruangan Reskrim Polres setempat, Jumat (28//6/2019).

Dalam laporannya tersebut, Husnus yang juga didampingi Kabag Hukum Pemkab Bondowoso ini mengatakan, bahwa pihaknya juga melampirkan beberapa bukti yang didapatkan dari korban yang diantaranya, surat undangan, kupon dan stiker.

“Kami dapatkan dari Lurah Sekar Putih, Camat Wringin, Camat Wonosari dan beberapa pemilik toko di pecinan yang juga menjadi korban dari pelaku,” paparnya.

Dikatakan Husnus, oknum yang mencatut nama Bupati Bondowoso dengan memalsukan surat serta tandatangan dan stempel itu, bisa dijerat pasal 263 ayat 1 tentang pemalsuan. Bahkan, menurutnya, akan terjerat pasal 378 tentang penipuan.

Husnus Sidqi (kanan) bersama Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin (kiri)

“Kami hanya laporkan tentang pemalsuannya saja. Pelaku bisa diancam hukuman 7 tahun kurungan penjara. Untuk kasus penipuannya, biarkan kepolisian yang mengembangkan,” tukasnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Jamal membenarkan tentang adanya laporan resmi dari kuasa hukum Bupati terkait pencatutan nama orang nomor satu di Kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi ini.

“Tadi, mereka melaporkan dan menyertakan bukti-buktinya,” pungkasnya.

Sebelumnya, salah satu LSM di Bondowoso juga mengadukan hal yang sama terkait dugaan pemalsuan surat yang mengatasnamakan Bupati Salwa Arifin. Isi dari Surat tersebut adalah memohon sumbangan dana sebesar Rp150ribu untuk menggelar open turnamen sepakbola Bupati cup di Desa Tangsil Wetan. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here