Perdana, Bulog Sub Divre Bondowoso Salurkan 900 Ton Beras PPKM 2021

75

BONDOWOSO – Pemerintah pusat melalui Perum Bulog Sub Divre Bondowoso menyalurkan bantuan beras di masa PPKM Darurat tahun 2021 untuk pertama kalinya. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati KH Salwa Arifin, di Pendopo Bupati, Senin (26/7/2021).

Bantuan beras perdana ini, disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Bondowoso.

Sedikitnya, dalam penyaluran perdana ini, Bulog menyalurkan 100 ton beras yang langsung dikirimkan ke desa-desa dengan menggunakan puluhan armada. Beras tersebut merupakan beras cadangan pemerintah hasil penyerapan gabah dan petani di Bondowoso.

Kepala Bulog Sub Divre Bondowoso, Rudy Prasetya mengatakan saat ini pemerintah pusat menyalurkan bantuan beras untuk pertama kalinya di masa PPKM Darurat, untuk mengurangi beban masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kami menyalurkan 900 ton yang akan dialokasikan kepada 90.078 KPM, masing-masing mendapatkan 10 Kg beras kualitas medium. Untuk hari ini kita salurkan ke Kecamatan Tegalampel dan Tamanan,” kata Rudy dalam sambutannya.

Dalam penyaluran kali ini, Bulog meyakini jika beras yang disalurkan layak konsumsi. Namun, jika ditemukan ada kualitas beras yang tidak layak, KPM bisa melapor dan akan diganti oleh Bulog.

“Jika ada beras yang jelek dan tidak layak konsumsi, KPM bisa melaporkan ke transporter, pemerintah desa, atau langsung ke Bulog. Nanti kami ganti,” terang Rudy usai mendampingi bupati melepas armada pengangkut bantuan beras.

Untuk proses pengambilannya, KPM nantinya akan mendapat undangan dari desa dan beras langsung didistribusikan di balai desa masing-masing. KPM hanya cukup membawa KTP dan KK.

Dalam pelepasan bantuan beras ini, Bupati Bondowoso didampingi Kepala Bulog Sub Divre dan Forkopimda secara simbolis dengan memecahkan kendi pada truk transporter. (Rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here