Perhutani KPH Bondowoso Kembali Gagalkan Pencurian Sonokeling

162
Kayu sonokeling yang berhasil diamankan oleh tim gabungan Perhutani KPH Bondowoso dan Polsek Cermee

BONDOWOSO – Perum Perhutani KPH Bondowoso bersama jajaran BKPH Prajekan dan Polsek Cermee, terus melakukan kegiatan patroli gabungan, untuk menekan terjadinya illegal logging di kawasan hutan.

Kegiatan patroli ini akhirnya membuahkan hasil, dengan mengamankan 49 glondong kayu sonokeling dan tiga motor yang digunakan mengangkut kayu hasil pencurian di kawasan hutan, Senin (20/4/2020).

Patroli gabungan yang dipimpin oleh Moh Jiman selaku Asper/KBKPH Prajekan bersama anggota Polsek Cermee, KRPH Kladi, dan Ketua LMDH, dilakukan ke petak 5a1 petak 11 c2 RPH Kladi BKPH Prajekan.

Waka Adm Bondowoso Utara selaku Korkam, membenarkan adanya pengamanan kayu sonokeling tersebut. Selanjutnya, kayu yang masih berupa glondongan tersebut diamankan di Polsek Cermee.

“Selanjutnya, untuk pelaku masih dalam lidik Polsek Cermee,” kata Waka ADM Perhutani KPH Bondowoso melalui Bagian Humas Abdul Ghani, Selasa (21/04/2020).

Menurutnya, aksi pencurian kayu di kawasan hutan menjadi atensi dari Perum Perhutani KPH Bondowoso bersama jajarannya. Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum tersebut.

“Karena maraknya pencurian kayu dalam kawasan hutan, maka jajaran Perhutani KPH Bondowoso terus menekan tingkat kerawanan hutan. Apalagi sekarang negara masih disibukkan dengan Covid-19 dan semua perekonomian mengalami penurunan, sehingga tidak menutup kemungkinan ancaman terhadap kawasan hutan akan meningkat,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Perhutani KPH Bondowoso terus melakukan patroli gabungan di semua wilayah hutan di bawah naungan Perhutani KPH Bondowoso.

“Ini komitmen kami untuk terus menjaga hutan. Untuk kejadian yang di wilayah RPH Kladi, agar dikembangkan supaya pelaku bisa diamanakan untuk di Proses lebih lanjut, karena sampai berita ini diterbitkan pelaku masih dalam proses lidik Polsek Cermee,” pungkasnya.

Perlu diketahui, sebelumnya Perhutani KPH Bondowoso sudah mengamankan pencurian kayu jati yang diamankan di Polsek Klabang. Kemudian, kejadian di Maesan, yang saat ini pelaku diamankan di Polsek Maesan serta kejadian penangkapan truk yang mengangkut sonokeling yang diamankan di Polres Bondowoso. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here