Peringati HPSN 2020, Pemkab Bondowoso Apresiasi Baksos Kantong Sarka

19

BONDOWOSO– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengapresiasi kegiatan ‘Kantong Sarka’ yang digagas oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan mengangkat tema “Indonesia Bersih Untuk Indonesia Maju”,.

Apresiasi Pemkab tersebut, disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Syaifullah disela-sela mengikuti kegiatan sosial di Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, di sekitaran stadion Magenda Bondowoso, Jumat (21/2/2020).

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan tersebut sangat perlu mendapat perhatian dari pemerintah, karena bisa memicu semangat dan rasa tanggung jawab Masyarakat agar cinya terhadap lingkungan.

“Saya bangga terhadap temen-temen dari Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di lingkungan, saya dukung penuh kegiatan ini,” ungkap Sekda Syaifullah.

Dirinya meminta kepada instansi terkait untuk memberikan ruang penuh terhadap inisiatif yang dilakukan oleh LSM tersebut. Sehingga, ungkap Sekda, semua bisa  membangun Bondowoso.

“Dari awal saya katakan, bahwa dalam membangun Bondowoso bukan hanya dari Pemerintah saja, akan tetapi dari masyarakatpun juga harus turut serta,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi (Kasi Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup, Abdul Azis sangat mendukung penuh kegiatan yang digagas oleh beberapa komunitas tersebut.

“Kita sangat mendukung penuh kegiatan ini, melihat sampah yang masuk ke TPA kurang lebih 42 ton per harinya, sehingga dengan begini kita bisa memotivasi masyarakat agar sadar dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Sementara, menurut Murti Jasmani Ketua Komunitas Kantong Sarka mengutarakan memungut sampah tersebut batu kali ini dilakukan.

“Baru tahun ini kita melakukan kegiatan yang intinya peduli terhadap lingkungan, dan Alhamdulillah, kami mendapat dukungan penuh dari Dinas terkait, yaitu DLHP,” ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, Murti berharap, Kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Bondowoso agar peduli terhadap lingkungan dan meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini ada dua agenda, jadi hari ini kita turun ke Magenda, untuk membersihkan sampah yang terlihat sangat memprihatinkan, dan besok kita adakan seminar,” tutupnya. (Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here