Perketat Keamanan Informasi, Dinas Kominfo Akan Bentuk Tim Cyber

17
Video Conference dengan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur dalam rangka pengamanan cyber

BONDOWOSO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bondowoso melakukan Video Conference dengan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur.

Vidcon tersebut membahas tentang Security Cyber (keamanan siber) jaringan yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bondowoso. 

Kepala Dinas Kominfo, Haeriyah Yuliati melalui Sekretaris Dinas (Sekdin), Dwi Wahyudi mengatakan, Vidcon tersebut membahas tentang keamanan persandian di dinas setempat, sehingga nantinya di setiap Kabupaten atau pun kota akan dibentuk tim khusus cyber.

“Setiap kabupaten akan membentuk tim cyber dalam rangka mengamankan setiap kegiatan yang menyangkut teknologi dan informasi,” ungkap Dwi Wahyudi, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, dimasa pandemi Covid-19 ini, banyak kegiatan yang menggunakan atau diladeni dengan video virtual atau vidcon, untuk melakukan kegiatan, sehingga Dinas Kominfo menjadi garda terdepan keamanan data ataupun Informasi.

“Sesi keamanan kita nanti dengan operator yang ada pada kita dengan menggunakan pengkodean tertentu, jadi nanti kita yang memegang kuncinya dan kita yang mengendalikan,” ujarnya.

Kedepannya, kata Dwi, pihaknya akan membentuk tim khusus ITE mengingat saat ini masa pandemi masih terus berlangsung, meski dengan suasana new normal.

“Meski kita keterbatasan sarana dan prasarana, kita yakin bisa melakukan pengamanan Informasi, dengan kondisi yang seperti ini, kita akan tetap melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pertemuan, tetap menggunakan video conference sampai masa pandemi selesai,” tutupnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here