Permendagri 56 Tahun 2019, Bagian Humas Bakal Pindah ke Diskominfo

124

BONDOWOSO- Sembilan bagian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bondowoso bakal dibongkar dan dirampingkan.

Hal tersebut bakal dilakukan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 56 tahun 2019, tentang pedoman nomenklatur dan unit kerja sekretariat daerah provinsi dan kabupaten ataupun kota.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Organisasi pada Pemkab Bondowoso, Slamet Yantoko mengatakan, saat ini Pemkab telah menyusun evaluasi Permendagri yang mengatur tentang sekretariat daerah.

“Sekarang ini ada sembilan bagian di sekretariat daerah yang nantinya akan ada perubahan yang mengacu pada Permendagri nomor 56. Salah satu contoh, adalah kegiatan Bagian Kehumasan nanti akan kembali ke Kominfo,” ungkapnya, Senin (30/3/2020). 

Terkait dengan adanya reposisi unit kerja tersebut, Pemkab telah melakukan kajian-kajian dengan Universitas Jember tentang penyederhanaan birokrasi dan Bagian Organisasi untuk menuju performance best organistation sesuai dengan arahan Presiden.

“Saat ini kita melakukan kajian dengan Universitas Jember yang dikaitkan dengan perintah Presiden tentang penyederhanaan birokrasi dan penyederhanaan organisasi,” tuturnya.

Selain itu, reposisi unit kerja tersebut juga masih membutuhkan kerjasama dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, untuk menentukan penempatan reposisi pada bagian yang akan disederhanakan.

“Untuk perumpunannya kita masih melakukan pendekatan mana saja yang akan direposisi bagiannya, dan kita koordinasi dengan Bappeda sehingga nanti kelembagaan sesuai dengan pemetaan yang akan dilakukan oleh Bappeda,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk penerapan penyederhanaan bagian tersebut masih menunggu evaluasi kelembagaan.

“Untuk penerapannya insyaallah tahun 2021 itu sudah bisa melaksanakan perangkat daerah yang baru, dan untuk perubahan  nomenklatur dan penataan personel itu ranah BKD,” tukasnya. (Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here