Persiapan Pilkades Serentak, 79 Bacakades di Bondowoso Diverifikasi

395
Kepala Dinas PMD, Abdurrahman saat meninjau proses verifikasi administrasi bakal calon Kepala Desa di Sabhabina praja II

BONDOWOSO– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), melakukan verifikasi berkas administrasi bakal calon (Balon) Kepala Desa yang rencananya akan digelar serentak pada tanggal 12 Desember 2019 mendatang.

Verifikasi berkas administrasi tersebut, merupakan salah satu syarat Balon untuk masuk sebagai Calon Kepala Desa, dimana saat ini diikuti oleh 79 bakal calon Kades dari 18 Desa di Bondowoso.

Menurut Kepala Dinas PMD, Abdurrahman mengatakan, verifikasi berkas administrasi yang digelar selama dua hari tersebut, untuk melihat kesiapan para Balon Kades, sampai sejauh mana memenuhi persyaratan sebagai calon Kades.

“Dalam verifikasi ini, kita wajib menghadirkan bakal calon Kades agar membawa berkas asli, seperti ijazah, KTP dan persyaratan lainnya,” urai Abdurrahman saat dikonfirmasi di sela-sela verifikasi, di Sabhabina Praja II, Senin (14/10/2019).

Dari 18 Desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, calon Kades dibatasi tidak lebih dari lima orang. Kendati demikian, kata Abdurrahman, untuk pendaftaran Balon Kades, pihaknya tidak membatasi, akan tetapi dari jumlah balon yang ada, belum dipastikan bisa ikut serta dalam Pilkades, lantaran akan ada verifikasi lagi.

“Untuk yang mencalonkan tidak ada batasan, tetapi nanti setelah menjadi calon, baru ada batasan, yakni minimal 2 calon dan maksimal 5 calon, dan nanti kita akan adakan tes tulis,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Masyarakat dan Desa, Yulianto mengemukakan, verifikasi administrasi tersebut, merupakan salah satu upaya pihak Dinas PMD untuk melihat sejauh mana persyaratan Balon Kades.

“Lolos tidaknya bakal calon Kades yang menentukan adalah tim. Apakah sudah memenuhi syarat atau masih belum secara administrasi, nantinya setelah melewati tahapan verifikasi administrasi, kita akan melakukan tes tulis bagi Balon yang telah memenuhi administrasi,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here