Pertahankan Citarasa Kopi Bondowoso, Wabup Irwan : Tingkatkan Profesional Petani

19
Wakil Bupati Bondowoso bersama Forkopimda saat menghadiri acara Petik Kopi

BONDOWOSO – Kopi asli Bondowoso kluster Java Ijen Raung telah dikenal di kancah dunia. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas citarasa kopi ini, sehingga tercipta mutu berkelas international.

“Petani kopi harus meningkatkan profesionalisme dalam bercocok tanam. Kalau musim petik harus yang merah. Jangan sampai hanya untuk memenuhi kuotanya, yang hijau juga ikut dipetik. Ini bisa menggangu citarasa kopinya,” ucap Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat saat memimpin acara Panen Raya musim petik kopi di Desa Sukorejo KecamaTan Sumber Wringin, Selasa (2/7/2019).

Menurut Wabup kelahiran Bondowoso ini, dengan meningkatkan profesionalisme tersebut, sektor perkopian khususnya Java Ijen Raung tidak akan kehilangan pasar baik kelas nasional bahkan dikancah international.

“Kopi yang dipamerkan adalah kluster PTPN XII, itu sudah memiliki SOP. Mulai dari cara tanam hingga cara petiknya. Jadi, kelompok tani harus memberikan pengertian kepada para petani kopi. Pasti citaras yang dihasilkan akan sesuai dengan standard internasional,” tegas Irwan.

Pada kesempatan tersebut, Politisi PDI-P itu juga menerangkan, bahwa Pemkab Bondowoso masih terus berupaya mengembangkan sektor perkopian dari wilayah barat, yakni di Pegunungan Hyang Argopuro.

“Kita masih proses mendapatkan sertifikat IG agar juga dapat menembus pasar International,” pungkas Irwan Bachtiar. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here