Pertama Kali, Grebek Gunungan Peringatan Harjabo ke-200

78
Foto bersama Wakil Bupati Bondowoso bersama Forkopimda dengan latar masyarakat yang saling berebut aneka sayuran yang disusun pada ratusan gunungan

BONDOWOSO – Kurang lebih 258 gunungan dipersembahkan kepada masyarakat sebagai rasa syukur, Kabupaten Bondowoso telah memasuki usia dua abad.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa hasil bumi Ki Ronggo tersebut merupakan ungkapan rasa syukur dimana Kabupaten penghasil Kopi ini telah berusia 200 tahun.

“200 gunungan ini merupakan bentuk  rasa syukur dua abad hari jadi Kabupaten Bondowoso dan semoga masyarakat semakin makmur dan Bondowoso semakin melesat,” katanya saat bersiap masyarakat memperebutkan hasil bumi dalam gunungan tersebut, Sabtu (30/6/2019), di depan Pendopo Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Bondowoso, Harry Patriantono menyebut, bahwa selama perayaan Harjabo yang kedua abad ini, rangkaian kegiatan grebek gunungan tersebut merupakan agenda Pemkab untuk yang pertama kali dilaksanakan.

“Rencana awal, dalam acara Grebek Gunungan ini hanya disediakan sekitar 200 tumpeng hasil bumi yang akan diberikan kepada masyarakat. Namun, karena antusias masyarakat yang sangat tinggi, akhirnya, ada sekitar 258 gunungan yang akan menjadi rebutan warga,” jelas Harry saat membacakan laporannya.

Pantauan di lapangan, antusiasme warga dalam acara rangkaian peringatan Harjabo ke-200 ini, yakni Grebek Gunungan, sangat tinggi sekali. Terlihat, sebelum acara tersebut, masyarakat rela menunggu sebelum acara tersebut dimulai.

Bahkan, mereka rela berdesak-desakan dan saling dorong saat Wakil Bupati Bondowoso mempersilahkan warga mengambil hasil bumi pada gunungan yang telah berjejer di depan Pendopo Bupati itu. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here