Pilkades Serentak 2021 Molor, Haeriyah : 50an Desa Belum Miliki BPD

603

BONDOWOSO – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Bondowoso belum ditentukan jadwalnya.

Tertundanya jadwal pelaksanaan Pilkades serentak tersebut sempat membuat perwakilan Kades yang masa jabatannya berakhir di tahun 2021 ini melurug kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati mengatakan, tertundanya penetapan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 itu karena masih ada Desa yang belum membentuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Dari 171 Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak ini, kurang lebih 50 Desa diantaranya masih belum terbentuk BPD-nya karena masa jabatannya sudah berakhir,” paparnya, Rabu (20/1/2021), usai monev Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso di kantornya.

Belum terbentuknya BPD di 50an Desa tersebut, dikatakan Haeriyah, lantaran surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) baru turun pada bulan Januari 2021, terkait sudah bolehnya BPD dibentuk kembali.

“Sudah kami sosialisasikan. Jadi, harus dilakukan pembentukan BPD dahulu. Baru melangkah ke proses selanjutnya, seperti membentuk panitia. Karena kan BPD kuncinya. Bagaimana BPD akan berkirim surat jika sudah habis masa jabatannya,” ungkap mantan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bondowoso ini.

Menurut Haeriyah, Pilkades serentak tahun 2021 ini tidak bisa dilaksanakan jika masih ada Desa yang belum membentuk BPD.

“Namanya juga Pilkades serentak, jadi harus dilaksanakan bersama-sama. Kita tidak boleh melaksanakan Pilkades setahun dua kali,” katanya lagi.

Belum terbentuknya BPD di 50an Desa tersebut, diungkapkan Haeriyah, menjadi kendala Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso belum menentukan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak ini.

“Kami kan harus menyiapkan regulasinya seperti membentuk Peraturan Bupati (Perbup) hingga pendanaannya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ada 171 Desa di Kabupaten Bondowoso yang akan melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2021 ini, diantaranya, 151 Desa yang jabatan Kadesnya berakhir pada bulan Juni dan 20 Kades yang jabatannya baru berakhir pada bulan Desember 2021 mendatang. (Yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here