Pilkades Serentak, Seluruh Bacakades di Situbondo Ikuti Tes Tulis

116
Suasana tes tulis seluruh bakal Calon Kepala Desa di Situbondo

SITUBONDO – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Situbondo, yang akan berlangsung pada tanggal 23 Oktober 2019, diikuti sebanyak 116 desa.

Dan saat ini, Kamis(3/10/2019),12 desa diantaranya harus melaksanakan tes tulis, karena jumlah peserta bakal calon Kepala Desa tersebut melebihi 5 orang peserta.

Tes tulis bakal calon Kepala Desa yang dilakukan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di Ruang Graha Wiyata Praja Lantai ll pemkab Situbondo, menghasilkan tiga desa tes ulang dan empat  incumbent tumbang dalam mengikuti tes tulis tersebut.

Tiga desa yang mengikuti tes ulang antara lain, Desa Sumberwaru, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, dan Desa Bungatan, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

Sedangkan, incumbent yang tumbang dalam mengikuti tes tulis tersebut, Kades Paowan, Kecamatan Panarukan, Kades Jatibanteng, Kecamatan Jatibanteng, Kades Blimbing, Kecamatan Besuki dan Kades Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Dari 84 bakal calon Kepala Desa yang lolos mengikuti tes tulis tersebut, sebanyak 60 orang bakal calon Kepala Desa mengerjakan 100 soal dengan waktu satu jam dua puluh menit.

“Soal-soal tes tulis tersebut, cukup silit. Banyak soal-soal jawaban yang menjebak,” jelas bakal calon kades Desa Pesisir, Besuki, Situbondo

Sementara itu, Yogie Krispian Sah, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo menjelaskan bahwa, sesuai dengan peraturan bakal calon Kepala Desa yang pesertanya melebihi dari 5 orang dilakukan tes tulis.

“Hasil dari calon kades yang lolos tes tulis, secara otomatis ditetapkan sebagai bakal calon Kepala Desa oleh panitia Pilkades ditingkat desa,” jelas Yogie.

Tidak itu saja yang dikatakan Yogie, dia juga menjelaskan, dari 11 incambent yang mengikuti kembali pemilihan Kepala Desa, empat diantaranya tumbang dalam tes tertulis ini.

“Ada empat incumbent yang tidak lolos tes tulis ini. Secara otomatis, mereka tidak berhak untuk mengikuti pilkades,” tegas Yogie.

Sekedar menginformasikan, saat berlangsung tes tulis bakal calon Kepala Desa yang berlangsung di ruang Graha Wiyata Praja, Lantai II Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, para peserta disodorkan soal-soal tentang pengetahuan UUD 1945, Pancasila, Pengetahuan Pemerintah dan pengetahunan umum lokal maupun nasional. (sony)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here