Pilot Project Desa Budaya Bakal Muncul di Bondowoso

864
Salah satu warga menimba air di sumur peninggalan jaman Majapahit yang ada di Desa Ramban Kulon. (Foto: Rzq Ardians/ Bharataonline)

BONDOWOSO- Desa Ramban Kulon, Kecamatan Cermee, Bondowoso, Jawa Timur, bakal didaulat menjadi pilot project desa budaya pertama di Bondowoso.

“Melalui desa budaya ini, diharapkan mampu memberdayakaan dan mengembangkan potensi budaya dan potensi yang dimiliki desa serta mampu melestarikan dan memberikan edukasi atas budaya yang dimiliki,” kata Sinung Sudrajat salah satu anggota DPRD Bondowoso dari F-PDIP, Senin (23/10/2017).

Menurutnya, pendaulatan Desa Ramban Kulon sebagai desa budaya bukan tanpa alasan. Pasalnya, desa ini didukung dengan keberadaan peninggalan budaya yang sampai saat ini masih tersimpan rapi dan perlu untuk terus digenjot bersama.

“Disana bisa menemukan sumur peninggalan jaman Majapahit yang tidak pernah mengering meskipun musim kemarau. Selain itu, disana juga masih terdapat rumah-rumah adat yang kondisinya masih sama persis dengan waktu pertama kali dibangun,” terang anggota dewan yang getol mengangkat potensi budaya Bondowoso ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here