Pimpin Apel Kesiapsiagaan, Ini Pesan Wakil Bupati Bondowoso

6
1. Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar saat meninjau langsung kesiapan peserta apel

BONDOWOSO – Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat memimpin apel kesiapsiagaan bencana tahun 2019 yang di gelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Alun-alun Ki Bagus Asra, Senin (20/5/2019).

Kegiatan yang digelar untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh pada tanggal 26 April tersebut, mengambil tema membangun kesadaran dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar dalam amanatnya menyampaikan, melalui apel ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menanggulangi bencana. “Semoga membawa dampak positif serta situasi menjadi aman terkendali dan memberikan keamanan, kenyamanan seluruh masyarakat Bondowoso,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Irwan mengimbau, agar semua pihak dapat memaksimalkan upaya mengurangi resiko bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Pastinya, menurut putera asli Bondowoso ini, dibutuhkan kerjasama dari semua elemen di Kabupaten berjuluk Republik Kopi ini. “Harus ada komitmen antara Pemerintah daerah dan masyarakat,” ucapnya. 

Namun demikian, dikatakan Irwan, saat ini penanggulangan bencana tidak lagi menitikberatkan pada penanganan kedaruratan, melainkan, upaya pengurangan resiko bencana. Maka dari itu, perlu adanya kerjasama serta kesiapsiagaan dari semua pihak. “Upaya kesiapsiagaan harus dilakukan agar seluruh elemen siap mengantisipasi kemungkinan bencana yang terjadi,” tambahnya

Wabup Irwan juga mengajak seluruh stakeholder untuk bersinergi dalam mensosialisasikan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang bisa datang di mana saja dan kapan saja, guna membangun kapasitas semua pihak mengenai kesiapsiagaan bencana. Seperti kemampuan mitigasi, mengola informasi peringatan dini serta mengurangi kepanikan masyarakat saat evakuasi yang menimbulkan korban dan kerugian.

“Kita ingin seluruh pemangku kepentingan agar memberikan kewaspadaan terhadap bencaba. Agar kedapan dapat berkontribusi atas keselamatan masyarakat,” pesan Wabup Irwan di hadapan peserta apel yang terdiri dari TNI, Polri, Banser NU, Kokam Muhammadiyah, Tagana Dinas Sosial, PMI serta pelajar.

Sebelum apel digelar, Irwan Bachtiar Rahmat terlebih dahulu memeriksa kesiapan peserta serta peralatan yang nantinya dibutuhkan dan digunakan untuk mendukung kesiapsiagaan dengan menggunakan mobil Tagana.

Kemudian, usai apel digelar, BPBD Bondowoso mempertontonkan berbagai macam simulasi kesiapsiagaan benacana. Diantaranya adalah mendirikan tenda darurat, dapur umum hingga penanganan medis. Tampak hadir juga dalam acara tersebut, Kepala BPBD Bondowoso, Dandim 0822, dan Pj Sekda. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here