PKL Alun-alun Bondowoso Akan Dipindah Bulan Februari

90
Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat saat dikonfirmasi di kantor DInas Koperindag

BONDOWOSO – Pedagang Kaki Lima (PKL) di Alun-alun Raden Bagus Asra (RBA) Ki Ronggo harus pindah ke tempat baru di jembatan Ki Ronggo yang telah dibangun dan diresmikan tahun 2018 lalu, minggu kedua bulan Februari 2020 depan.

Pemindahan PKL itu dalam rangka revitalisasi alun-alun RBA Ki Ronggo yang akan mulai dikerjakan pada bulan Maret 2020.

Namun demikian, dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat usai memimpin rapat koordinasi (rakor) di Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), pemindahan PKL disertai perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“Kalau untuk memindahkan PKL itu sangat mudah, namun kami juga memperhatikan kedepannya. Bagaimana dengan kepindahan PKL dapat memberikan dampak positif, bisa meningkatkan perekonomian baik PKL itu sendiri maupun masyarakat sekitar di lokasi wisata kuliner ini,” ungkapnya, Senin (20/1/2020).

Untuk itu, dalam rakor kali ini pihak Pemkab juga menghadirkan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora). Karena menurut Wabup kelahiran Bondowoso ini, tempat rujukan kepindahan PKL alun-alun RBA Ki Ronggo itu juga menjadi tempat wisata.

“Untuk itu kita juga membicarakan terkait anggaran untuk memberikan sentuhan-sentuhan sehingga memberikan multiplier effect. Maka dari itu kami memiliki strategi menjadikan jembatan Ki Ronggo menjadi salah satu destinasi wisata di Bondowoso. Intinya, jangan sampai setelah dipindah, PKL dibiarkan begitu saja,” pungkasnya.

Untuk diketahui, PKL alun-alun RBA Ki Ronggo menolak untuk dipindah ketempat yang baru dengan alasan tempat yang disediakan Pemkab Bondowoso dinilai tidak representatif untuk mereka berdagang. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here