Pramuka dan PC Bamusi Bondowoso Terima Bantuan Pinjam Pakai Ambulans dan Sepeda motor

130
Secara simbolis Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat tengah menerima bantuan pinjam pakai ambulans dari yayasan Ruang Pasien

BONDOWOSO – Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rachmat sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Bondowoso menyerahkan langsung bantuan pinjam pakai enam sepeda motor kepada Kwartir Ranting terbaik tingkat kecamatan, Minggu (19/12/2021) di Wisma Wabup

Selain itu, Wabup Irwan secara simbolis juga menyerahkan bantuan pinjam pakai ambulans, dari yayasan Ruang Pasien Surabaya, kepada Pramuka Kwartir Cabang Bondowoso dan Pengurus Cabang (PC) Bamusi (Baitul Muslimin Indonesia) Bondowoso.

Bantuan ambulans tersebut menjadi sarana untuk mempermudah pasien kurang mampu di Bondowoso, yang akan berobat ke Rumah Sakit di Surabaya dan Solo. Yayasan Ruang Pasien juga tidak memungut biaya apapun alias gratis.

Yayasan Ruang Pasien ini, menurut Wabup Irwan, sudah lama bekerjasama dengan Pemkab Bondowoso melalui program tape manis, untuk membantu warga kurang mampu yang akan berobat ke dua wilayah tersebut. 

“Kita sudah kerjasama dan MoU dengan Ruang Pasien. Sehingga selama ini sudah banyak warga kurang mampu yang dibiayai oleh Ruang Pasien. Ini sangat membantu warga kurang mampu di Bondowoso yang ingin berobat ke Surabaya dan Solo,” ujarnya. 

Sementara itu, kendaraan roda dua yang terdiri 4 motor matic dan 2 motor trail, nantinya akan digunakan oleh teman-teman Pramuka di Bondowoso dalam menjalankan aksi kemanusiaan. 

Karena itulah, kata pria yang juga menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Bondowoso ini, dengan adanya bantuan tersebut hendaknya Pramuka yang selama ini hanya mengasah kepramukaan. juga mengaplikasikan diri dalam dunia nyata, yakni kemasyarakatan. 

“Tepatnya, supaya lebih peduli, dan ada di garda terdepan membantu masyarakat miskin Bondowoso yang mengalami kesulitan, sakit, dan lain sebagainya. Nanti kalau ada warga miskin yang sakit di daerahnya, Pramuka harus mengambil peran untuk menolong mereka,” terangnya. 

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat meninjau bantuan pinjam pakai sepeda motor dan ambulans

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PC Bamusi Bondowoso Ustadz Muh Hidayah SM, mengapresiasi bantuan pinjam pakai ambulans yang diberikan oleh yayasan Ruang Pasien. Bantuan tersebut sangat membantu warga tidak mampu di Bondowoso untuk berobat ke Surabaya dan Solo.

“Sesuai dengan arahan Wabup, selaku Dewan Pembina PC Bamusi Bondowoso, mengharapkan kami (Bamusi) untuk bisa berkiprah untuk melayani masyarakat, bersinergi dengan ruang pasien dan organisasi lain, untuk membantu masyarakat Bondowoso yang tidak mampu,” katanya.

Pria yang kerap dipanggil Hidayat ini juga mengatakan, masyarakat Bondowoso yang kurang mampu dan ingin berobat ke Surabaya dan Solo, bisa menghubungi Kwartir Ranting Pramuka di kecamatan dan pengurus anak cabang (PAC) Bamusi yang ada di 23 kecamatan.

“Kami akan memberikan bantuan transportasi pasien dari Bondowoso ke Surabaya atau Solo, secara gratis. Bagi keluarga pasien yang ikut berobat, juga telah disediakan rumah singgah oleh yayasan Ruang Pasien. Bahkan, semua biaya makan dan minum selama menunggui pasien, gratis,” kata ustadz Hidayah ini.

Sementara, ketua Yayasan Ruang Pasien, Bambang Kuncoro Yekti di dalam sambutannya menjelaskan, Pemkab Bondowoso sudah bersinergi dengan yayasannya sejak lama.

“Kami berharap sinergitas ini bisa terus terjalin sehingga bisa kontribusi dalam membantu warga kurang mampu. Semoga ambulans ini bisa bermanfaat bagi pasien dari Bondowoso yang kurang mampu,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Gerakan Pramuka Kwarcab Bondowoso dan PC Bamusi Bondowoso juga menyerahkan bantuan sekitar Rp 15 juta hasil swadaya anggota Pramuka dan masyarakat untuk korban erupsi Gunung Semeru. (rzq)

Artikulli paraprakDisdikbud dan PT. Pegadaian Bondowoso Canangkan Program Sekolah Emas
Artikulli tjetërGerbong Mutasi Pejabat di Bondowoso Bergulir di Awal Tahun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini