Program Jalin Matra Sasar Warga Miskin di Bondowoso

90
Penyerahan Program Jalin Matra PFK kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) tahun 2018 silam

BONDOWOSO– Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bondowoso kembali menerima kucuran dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk program pengentasan kemiskinan yakni Jalan Lain Menuju Masyarakat Sejahtera (Jalin Matra) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(PMD).

“Kita masih diberi kepercayaan untuk terlibat menjadi bagian strategis dalam rangka mendorong percepatan pengentasan kemiskinan,” urai Sekretaris Dinas PMD, Asnawi Sabil saat dikonfirmasi di sela-sela sosialiasi Jalin Matra di aula Sabhabina II Pemkab Bondowoso, Kamis (27/6/2019).

Dikatakan Sabil, dari program Jalin Matra yang telah sesuai regulasi dan tepat sasaran, berdampak pada perkembangan taraf ekonomi masyarakat yang sebelumnya potensial ekonomi mereka di bawah rata-rata.

“Disetiap program pasti ada yang namanya evaluasi atau Monev. Nah, dari itu kita bisa mengukur seberapa efektif dan efisien program-program pemerintah baik dari provinsi ataupun kabupaten,” tuturnya.

Sementara menurut koordinator Jalin Matra bagian Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), Muhlis Adi Rangkul mengatakan untuk Kabupaten Bondowoso tahun ini dialokasikan kepada 15 Desa.

“Bantuan ini bukan dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk barang sesuai permintaan Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) yang rata-rata adalah janda,” paparnya.

Lebih jauh, dirinya menegaskan untuk memantapkan program terakhir dari Gubernur Soekarwo tersebut, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas PMD melakukan sosialiasi Jalin Matra.

“Selanjutnya masih belum paham seperti apa regulasinya seperti apa kita masih belum mengerti, namun program untuk pemberdayaan masyarakat akan terus berjalan meskipun beda pemimpin, dan insyaallah Agustus depan kita bisa realisasikan untuk PFK nya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Tahun ini Kabupaten Bondowoso menerima kucuran dana untuk program Jalin Matra yang akan direalisasikan kepada 26 Desa yang tersebar di 5 kecamatan, 15 Desa Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), 3 Desa Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) dan 8 Desa untuk Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here