Raperda RPMJD Bondowoso Tahun 2018-2023 Disetujui, Ini Catatan Legislatif

417
Penandatanganan persetujuan Raperda RPJMD tahun 2018-2023 antara Bupati Bondowoso dengan pimpinan DPRD

BONDOWOSO – Setelah sebulan dilakukan pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), akhirnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bondowoso tahun 2018-2023 disetujui.

Dengan disetujuinya Raperda RPMJD tersebut untuk menjadi Peraturan Daerah (Perda), Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin mengatakan bahwa, pihaknya akan menjadikan RPJMD dengan visi misi mencipatakan Bondowoso MELESAT (Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, Adil dan Terdepan) dalam bingkai iman dan taqwa itu sebagai acuan dalam menyelenggarakan pemerintahan lima tahun kedepan.

“Secara bertahap akan kami sosialisasikan kepada masyarakat Bondowoso, agar seluruh stakeholder dalam menyelenggarakan pemerintahan, pelayanan hingga pembangunan dapat sesuai dengan visi misi Kabupaten Bondowoso tahun 2018-2023,” paparnya saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna Persetujuan Raperda RPJMD Kabupaten Bondowoso tahun 2018-2023 di Gedung DPRD setempat, Selasa (19/2/2019).

Namun demikian, Raperda RPJMD yang telah disetujui oleh DPRD tersebut, pihak legislatif masih memberikan catatan terkait program pembangunan yang perlu diperbaiki oleh Pemkab Bondowoso.

“Agar visi misi bupati dapat sinkron dengan RPMJD, yang pertama harus diperbaiki adalah masalah data,” ungkap Jubir Pansus I DPRD Kabupaten Bondowoso, Mohammad Sinol.

Lebih lanjut, Sinol panggilan akrab politisi PKB ini mengatakan bahwa, kesalahan data bisa membuat perspektif menjadi salah. Oleh karena itulah banyak hal yang perlu diperbaiki.

“Bila ini terjadi, tentu akan membuat penunjukan program dan kegiatan bisa salah. Dana yang dipersiapkan pun akan amburadul. Misalnya, jumlah rumah yang tidak layak huni sebanyak 39 persen, yang pasti jumlah rumah layak huni sebanyak 61 persen. Yang menjadi permasalahan disini, tingkat kemiskinan justru 11 persen. Data seperti ini yang harus diperbaiki,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here