Raport SAKIP, Bondowoso Pertahankan Predikat BB

Wabup Irwan: Ini Hasil Teamwork dan untuk Masyarakat Bondowoso

556
Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso saat menerima Penghargaan SAKIP predikat BB ditemani oleh Deputi MenPANRB dan didampingi oleh Kepala Bagian Organisasi serta Kepala Inspektorat

BONDOWOSO – Raport Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Bondowoso, kembali dipertahankan dengan predikat BB.

Raihan predikat tersebut secara simbolis diberikan langsung oleh Menteri PANRB Syafruddin, kepada Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin bersama Wakil Bupati Irwan Bachtiar di Banjarmasin, Rabu (6/2/2019).

Prestasi ini menurut Wakil Bupati Irwan Bachtiar, merupakan keberhasilan yang dihasilkan berkat dedikasi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mengelola anggaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan imbas yang dirasakan oleh masyarkat.

“Ini berkat teamwork pemerintah daerah, serta berkat doa dan dukungan masyarakat. Prestasi ini juga sebuah hasil dari kerja keras semua pihak yang telah merealisasikan anggaran, sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” kata Irwan Bachtiar.

Wabup juga memberikan apresiasi atas upaya dan perjuangan jajarannya dalam menerapkan SAKIP di masing-masing OPD.

“Mengubah mindset seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tidaklah mudah. Harus punya komitmen yang tinggi untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja yang baik,” ujarnya.

Kedepannya, Wabup mengajak dan mendorong kinerja aparat pemerintahannya untuk terus inovatif dan kreatif dalam menjalankan roda pemerintahan, sehingga akan cepat, akurat dan menyentuh masyarakat.

“Melalui SAKIP, tentu akan mencegah potensi pemborosan anggaran. Sehingga, anggaran yang dikeluarkan benar-benar tepat sasaran dan dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat Bondowoso,” tukasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Inspektur Wahyudi Triadmadji yang medampingi Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso saat menerima penghargaan SAKIP di Banjarmasin.

“SAKIP bukan hanya pemberian nilai, namun juga menggambarkan kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran, dan dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan serta manfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Ia menyarankan agar prestasi kali ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Bahkan, dirinya berpesan agar semua OPD di Bondowoso terus menunjukkan peningkatan kinerja.

“Kami mendorong budaya kinerja di lingkungan OPD dan Pemerintah Daerah dengan menyusun indikator kinerja individu yang selaras dengan kinerja organisasi untuk dijadikan acuan dalam penyusunan SAKIP,” terangnya.

Kedepannya, sesuai dengan arahan Bupati dan Wakil Bupati, Inspektur mengimbau agar semua kegiatan di masing-masing OPD selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Semua harus menyelaraskan RPJMD dengan sasaran yang berorientasi pada hasil. Sehingga hasilnya bisa cepat dirasakan oleh masyarakat,” imbaunya.

Sekedar diketahui, MenPANRB secara simbolis memberikan penghargaan raport SAKIP bagi 151 Pemda di wilayah II. Disebutkan, 7 pemda meraih predikat A, 21 dengan predikat BB, 70 pemda berpredikat B, 49 pemda dengan predikat CC dan 19 pemda lainnya masih mendapt predikat C. (rizqi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here