Ratusan Kader KB dan Penyuluh Hadiri Jambore 2019

18
Wabup Irwan foto bersama kepala DPPKB beserta staf usai acara

BONDOWOSO– Sebanyak 400 kader Keluarga Berencana (KB) dan penyuluh se Kabupaten Bondowoso mengikuti Jambore Kader di Wisma Wakil Bupati (Wabup) setempat, Minggu (4/8/2019).

Dengan mengusung tema ‘Sukseskan Pernikahan Ideal’ perempuan diharapkan menikah minimal pada usia 21 tahun dan Laki-laki minimal usia 25 tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat, Nunung Setianingsih mengatakan, Kinerja para Kader Dinas PP dan KB dalam mewujudkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) patut diacungi jempol.

“Kader KB harus siap mengelola dan menjamin Bondowoso kedepan kebih baik,” urainya.

Dikatakan Nunung, kegiatan Jambore sangat strategis dalam peningkatan peran serta masyarakat membangun SDM, yang titik sentralnya sesuai dengan tema. Hasilnya nanti akan meningkatkan data pernikahan ideal di Bondowoso.

“Saat ini data di Kabupaten Bondowoso untuk pernikahan ideal pada akhir tahun 2018, kurang lebih 41 persen, dan pada akhir Juni tahun ini sekitar 37, 58 persen,”tuturnya.

Dirinya berharap pengendalian kependudukan dan KB diharapkan lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah, hal tersebut dinilai dapat meningkatkan nilai rata-rata usia perkawinan pertama bagi wanita yakni pada usia 15- 19 tahun.

“Semoga dengan Jambore ini bisa meningkatkan kinerja kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta menjadi perhatian khsusus bagi Pemkab Bondowoso,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bahctiar Rahmat mengungkapkan kepada seluruh kader KB dan penyuluh yang ada di desa, diharapkan terus meningkatkan kinerja mereka untuk menjadikan Bondowoso kedepan lebih baik lagi.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini, jaga kekompakan, bersinergi dengan pembangunan lainnya seperti posyandu dan Paud,” paparnya.

Singkat kata, Wabup memberikan kalimat santun yang memberi motivasi kepada seluruh masyarakat khususnya kader dan penyuluh Bondowoso.

“Bunga melati berbuah tomat, pohon nangka berbuah sirsat. Kader KB kalau semangat, akan tercipta Bondowoso melesat,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here