Reformasi Hukum Harus Didukung Profesionalisme Penegak Hukum

127

BONDOWOSO – Reformasi hukum yang saat ini diterapkan oleh Presiden Jokowi, diharapkan memberikan efek jera kepada para pelaku pungli. Bahkan, usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Kemenhub beberapa lalu, menjadi bukti keseriusan Pemerintah dalam memberantas praktik Pungli di jajaran birokrasi.

Namun, reformasi hukum ini diharapkan didukung oleh kinerja penegak hukum dalam memuluskan kebijakan Pemerintah Pusat. Oleh karena itu, butuh perubahan persepsi negatif di mata masyarakat tentang kinerja penegak hukum itu sendiri.

Menanggapi hal tersebut, Hanafi, Kepala Lapas kelas II B Bondowoso angkat bicara. Dirinya memberikan pemahaman jika hukum bukan sesuatu yang menakutkan, karena hukum adalah seperangkat norma yang sangat penting untuk membangun ketertiban masyarakat agar mampu mendorong dinamika kehidupan.

“Saat ini sangat diperlukan terciptanya substansi hukum yang baik, supaya mudah ditaati oleh masyarakat, tanpa harus dengan paksaan dan akan berjalan dengan baik jika masyarakat sudah menjadikan hukum sebagai bagian dari budaya. Maka keberadaan aparat penegak hukum tidak lagi menakutkan tetapi sebagai bagian penting untuk menciptakan keadilan dalam masyarakat,” kata Hanafi, Rabu (12/10/2016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here