Rekomendasi DPRD Bondowoso untuk Bapenda

14
Wakil Ketua DPRD Bondowoso, Sinung Sudrajad saat menyampaikan rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati Bondowoso tahun 2021

BONDOWOSO – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bondowoso, menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendapatkan rekomendasi dari DPRD.  

Menurut Wakil Ketua DPRD Bondowoso, Sinung Sudrajad, pihaknya (DPRD, red) fokus memberikan rekomendasi kepada Bapenda. Pasalnya, sampai saat ini penerimaan PBB masih belum tuntas 100 persen.

“DPRD meminta kepada Bapenda untuk menginventarisir penyebab sampai tidak tercapainya target pendapatan pada sektor PBB dan PBHTB tahun 2021, yang hanya 80 persen. Oleh karena itu, segera formulasikan solusinya,” ungkapnya.

Politisi dari Fraksi PDIP ini juga berpesan agar Bapenda melakukan koordinasi dan sinkronisasi dalam memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya OPD penghasil.

“Untuk mengatasi pendapatan yang stagnan, maka perlu dibuat sistem yang terkontrol dengan masif, khususnya pendataan dan validasi aset sebagai salah satu indikasi pendapatan,” terang Sinung.

Dalam penyampaiannya, DPRD juga meminta kepada Bapenda agar segera mengimplementasikan Perbup No 21 Tahun 2019 Pasal 20, perihal pemotongan pohon sono keling di kawasan Taman Magenda dan sepanjang jalan di Kecamatan Taman Krocok.

“Pohon Peneduh yang ditebang oleh DLHP atau Dinas PUPR dan/atau atas oleh masyarakat, instansi pemerintah, maka hasil penebangan tanaman peneduh dimaksud menjadi aset daerah. Dan apabila memiliki nilai ekonomis dapat dilakukan penjualan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” jelasnya .

Hasil dari nilai ekonomis penebangan pohon ayoman, yang belum masuk pendapatan agar segera dikoordinasikan dengan perangkat daerah terkait.

“Kasus penebangan pohon ayoman tersebut sampai saat ini masih berproses di ranah hukum, tentu menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah daerah dan selanjutnya diharapkan tidak terulang kejadian dan kasus yang serupa,” pungkasnya. (rizqi)

Artikulli paraprakDPRD Bondowoso Beri 55 Rekomendasi untuk Seluruh OPD
Artikulli tjetërPolres Bondowoso Undi Vaksinasi Berhadiah Motor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini