Relawan Bondowoso Kembalikan Senyum Penderita Bibir Sumbing

120
Mery (dua dari kiri) saat berfoto dengan pasien bibir sumbing usai menjalani operasi

BONDOWOSO – Senyum lebar kembali tampak di wajah keluarga enam pasien yang baru saja menjalani operasi bibir sumbing yang dimotori oleh Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) bersama beberapa komponen relawan, 9 April 2021 silam, di Rumah Sakit Eka Husada Gresik.

Operasi bibir sumbing gratis ini, sudah 3 kali dilaksanakan dan hingga saat ini diketahui tercatat, PPDI telah mengoperasi pasien bibir sumbing dan langit-langit kurang lebih sebanyak 50 pasien.

Pendamping PPDI Kabupaten Bondowoso, Mery Dian Kharisma Pribadi mengatakan, operasi bibir sumbing dan langit-langit yang dilakukan di RS Eka Husada berjalan lancar. Kegiatan tersebut diharapkan bisa terus digelar untuk mengembalikan senyum anak-anak penderita bibir sumbing.

“Kami telah melaksanakan operasi bibir sumbing yang pasiennya berasal dari beberapa wilayah, seperti Bondowoso, Situbondo, Jember, Probolinggo, Lumajang dan Madura. Semoga kedepan kegiatan kemanusiaan ini terus berlanjut,” terangnya, Sabtu (17/4/2021).

Sebagai pendamping PPDI di Kabupaten Bondowoso, wanita yang akrab dipanggil Mery ini tak memungkiri jika dirinya difasilitasi oleh Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, untuk mencari dan mengawal pasien bibir sumbing yang menjalani operasi gratis hingga selesai.

“Kami berharap ada peran dari pemerintah untuk memberikan fasilitas kepada kami, agar nantinya PPDI ini bisa berperan aktif untuk membantu masyarakat dan mengembalikan senyum anak-anak penderita bibir sumbing di Kabupaten Bondowoso,” harapnya.

Seperti diketahui, PPDI menjalankan operasi gratis penderita bibir sumbing bekerjasama dengan Smail Train, Yayasan Anugerah Sentosa, Cahaya Ummat Pamekasan, FRPB Pamekasan dan RS Eka Husada Gresik. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here