Relokasi PKL, Ady Kriesna Sebut Akar Persoalan Berawal Dari Masterplan DLHP

351
Ketua Komisi II DPRD Bondowoso, Ady Kriesna.

BONDOWOSO- Ketua Komisi II DPRD Bondowoso, Ady Kriesna mengajak Pedagang Kaki Lima (PKL) alun-alun Raden Bagus Asra (RBA) Kironggo yang akan direlokasi agar bersikap bijak dan memahami akar persoalan.

“Pertama, ini berawal dari adanya ruang terbuka hijau yang masterplannya itu ada di Dinas Lingkuan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso. Perencanaannya ada di DLHP,” kata Kriesna saat menghadiri sharing dengan PKL di alun-alun, Rabu (24/5).

Menurutnya, dampak masterplan (rencana induk) itu kemudian beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mengikuti, diantaranya Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) yang menangani PKL, termasuk Satpol-PP yang menjaga ketertibannya.

“Akar persoalannya dimana? jadi jangan keliru, titik pijaknya itu ada di DLHP,” imbuhnya.

Selain itu, Kriesna menilai pemerintah daerah kurang transparan untuk memaparkan kepada PKL tentang rencana relokasi. Sebab jika transparan dan dapat menjelaskan dengan baik maka ia yakin PKL tidak khawatir.

“Ini urusan perut jadi siapapun berani mati, oleh sebab itu pemerintah daerah tidak boleh main-main dan menganggap persoalan ini remeh,” tukasnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengundang Diskoperindag dan diharapkan dinas lainnya juga melakukan langkah yang sama. Karena Diskoperindag dalam hal ini, kata Kriesna hanya multi efek dari rencana DLHP untuk membuka ruang terbuka hijau.

“Prinsipnya kami akan berada di depan untuk memperjuangkan nasib PKL,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala DLHP Bondowoso, Sudirman saat didatangi ke kantornya tidak ada ditempat, begitupun saat dihubungi via ponselnya tidak menjawab dan terkesan menghindar.

Berdasarkan surat yang di tanda tangani Sekretaris Daerah Bondowoso, Hidayat, 6 April lalu. Sinergitas untuk pelaksanaan pembanguan masterplan itu melibatkan, DLHP, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Diskoperindag, Satpol-PP, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Layanan pengadaan Sekretariat Daerah Bondowoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here