Revitalisasi Alun-alun Bondowoso, Pemkab Siapkan Anggaran Rp9,5 Miliar

1084
Detail Engineering Design (DED) Alun-alun RBA Ki Ronggo

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengalokasikan anggaran sebesar Rp9,5 Miliar untuk revitalisasi alun-alun Raden Bagus Asra (RBA) Ki Ronggo.

Bahkan, sebagai dasar revitalisasi jantung kota menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Bondowoso ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (LHP) telah merampungkan Detail Engineering Design (DED).

Menurut Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup di Dinas LHP, Kristianto mengatakan, DED yang telah rampung merupakan hasil dari rapat koordinasi (rakor) antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Itu hasil Rakor antara Diskoperindag, Satpol PP, Dinas PUPR dan stakeholder terkait lainnya. Dan bulan Maret 2020 sudah rampung untuk pemindahan Pedagang Kaki Lima (PKL) ke tempat yang telah disediakan Pemkab Bondowoso,” jelas Kristianto yang juga sebagai Pejabat Pelaksana Kegiatan (PPK) revitalisasi alun-alun RBA Ki Ronggo, Selasa (28/1/2020), di ruangannya.

Pria yang akrab disapa Kris ini juga menambahkan, setelah PKL selesai dipindah, pihaknya terlebih dahulu melakukan kerjasama dengan pihak ketiga.

“Satu bulan sebelum pelaksanaan pembangunan, kita laksanakan terlebih dahulu pengadaan barang dan jasanya,” ungkapnya.

Dengan anggaran Rp9,5 miliar tersebut, lebih lanjut Kristianto menyebutkan beberapa item yang akan dikerjakan oleh Dinas LHP Kabupaten Bondowoso ini, di alun-alun yang bakal menjadi RTH.

“Diantaranya, jogging track, jalur penyandang disabilitas, pedestrian atau walk around. Untuk item ini lebarnya 6 meter dan mengelilingi alun-alun,” paparnya.

Tak hanya itu, revitalisasi alun-alun RBA Ki Ronggo ini, pihak Dinas LHP Kabupaten Bondowoso juga akan membangun mini sport centre, tempat bermain untuk anak-anak hingga, air mancur demi keindahan RTH tersebut.

“Wi-Fi centre juga akan kita sediakan disana,” pungkasnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here