RTLH Masih Tinggi, Ini Terobosan Dinas Perkim Kabupaten Bondowoso

419
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkim Kabupaten Bondowoso, Eko Rusmanto

BONDOWOSO – 74.382 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dituntaskan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Bondowoso.

Untuk itu, dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkim Kabupaten Bondowoso, Eko Rusmanto, harus ada pemikiran-pemikiran dari tim anggaran untuk menuntaskan PR yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat dan menjadi program prioritas pemerintahan yang baru saat ini.

“Jadi begini, jika kegiatan kami setiap tahunnya hanya dialokasikan anggaran untuk menuntaskan 600 unit RTLH, PR kita tidak akan terselesaikan dalam waktu 5 tahun kedepan. Oleh karena itu, sangat perlu adanya pemikiran dari tim anggaran Kabupaten Bondowoso, bagaimana PR kita ini paling tidak ada pengurangan yang signifikan dari jumlah RTLH,” ungkapnya usai menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi III DPRD Kabupaten Bondowoso, Jumat (11/1/2019).

Namun demikian, untuk mengatasi masih banyaknya RTLH di Kabupaten Bondowoso yang harus dituntaskan, Eko mengungkapkan bahwa pihaknya tidak hanya mengandalkan anggaran yang digelontorkan dari APBD saja. Melainkan juga melakukan terobosan-terobosan untuk mendapatkan dari APBD Provinsi maupun APBN.

“Kami menyadari keterbatasan APBD kita. Jadi, melalui dana yang saya sebutkan tadi, kami juga lakukan untuk menuntaskan masalah RTLH di Kabupaten Bondowoso. Disamping itu, kami juga bekerjasama melalui program CSR dari masing-masing perbankan yang ada,” pungkasnya.

Saat ini, Dinas Perkim Kabupaten Bondowoso masih melakukan persiapan-persiapan sebelum pelaksanaan kegiatan seperti menyiapkan SK tim, kelengkapan data by name by addres serta yang lainnya sembari menunggu gelontoran anggaran yang bersumber dari APBD.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here