Satu-satunya di Bondowoso, Penambangan Dikukuhkan Jadi Desa Cantik

17
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat berfoto bersama usai pengukuhan Desa Cantik

BONDOWOSO – Badan Pusat Statistik (BPS) mengkukuhkan Desa Penambangan Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur sebagai Desa Cinta Stasistik (Desa Cantik).Tercatat saat ini ada 100 Desa Cantik di seluruh Indonesia dan 6 desa se Jawa Timur.

Pengukuhan Desa Cantik ini diharapkan bisa memberikan support data akurat dan cepat yang dibutuhkanb oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kami terpilih dan ini desa satu-satunya di Kabupaten Bondowoso. Kami berkomitmen untuk menjadi desa yang bisa mengolah data secara tepat dan rapi, sehingga data yang dibutuhkan semua SKPD bisa selalu ready dan update,” kata Kepala Desa Penambangan, Martha Sprihastini usai Pengukuhan dan Peninjauan Desa Cantik, Senin (12/4/2021).

Kata Martha, bahwa BPS Jatim akan membantu pihaknya yakni dalam memfasilitasi pengolahan data di Desa Penambangan yang sesuai dengan kategori statistik.

“Tujuannya mungkin suatu saat, kegiatan pembangunan, bantuan atau pun hal yang lain, bisa tetap sesuai sasaran, bisa nyambung dengan potensi yang ada didesa” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat pengukuhan Desa Cantik mengatakan, program ini merupakan upaya pemerintah dan BPS untuk menciptakan birokrasi yang lincah, sederhana, adaptif, dan inovatif serta mampu bekerja secara efektif dan efisien.

“Program Desa Cantik diharapkan bisa mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. Melalui program Desa Cantik ini, kami berharap nantinya sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan,” terang Wabup.

Perlu diketahui, Desa Penambangan memiliki beberapa inovasi, diantaranya Tiang Pintar yang merupakan bidang keamanan masyarakat. Yang berada salah satu sudut yang rawan.

Dimana Tiang Pintar tersebut telah dilengkapi dengan surya panel, CCTV dan bolham emergency. Selain itu inovasi yang lain ialah, Rumah Edukasi yang terletak di Dusun terpencil, namun telah dilengkapi dengan jaringan internet dan perpustakaan mini.

Rumah edukasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat untuk bisa melangsungkan kegiatan belajar dan mengajar. Tak hanya itu, Desa Penambangan ini pun memfasilitasi jaringan internet secara gratis yang telah tersebar di setiap dusun. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here