Sekda dan Kadisdagin Situbondo Lepas Peserta Bersepeda

8
Sekda saat melepas peserta Bersepeda

SITUBONDO – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 dan Hari Jadi Kabupaten Situbondo ke 201, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Situbondo menggelar kegiatan olahraga bersepeda yang mengambil start di depan kantor dinas dan finis di Pasar SNI Mangaran, Minggu (25/8/2019).

Kegiatan bersepeda yang diikuti oleh pengelola dan pedagang pasar, keluarga besar Disdagin, masyarakat umum, tim club sepeda Kejari Situbondo dan peserta lainnya tersebut, dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Drs. H. Syaifullah MM dari Jalan Mawar, tepatnya di depan Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Situbondo.

“Sengaja kita mengambil garis finis di Pasar Rakyat Mangaran, untuk memperkenalkan kepada peserta kegiatan bersepeda bahwa Pasar Mangaran sudah mendapat sertifikat (SNI) Standrat Nasional Indonesia,” jelas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Situbondo Dra.Hj. Tutik Margiyanti ST, MSi.

Tiidak itu saja yang dikatakan Tutik, dia juga mengatakan Selain mengenalkan Pasar Mangaran yang berstatus SNI, pihaknya juga akan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di Pos I Desa Curah Jeruh dan di pasar mangaran.

“Pembagian sembako yang kita lakukan di Pasar Mangaran bersama Bapak Wakil Bupati Situbondo, Bapak Sekda. Sembako tersebut diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tutik menjelaskan bahwa, pengelolaan pasar yang sudah mendapat sertifikat SNI seperti Pasar Rakyat Mangaran ini, harus dilakukan secara bersamaan antara pemerintah, pedagang dan konsumen.

“Tanpa dukungan dari pedagang dan konsumen, maka pasar yang sudah berstatus SNI ini, tak akan bisa terpelihara dengan baik. Maka itu, kebersamaan kunci utama untuk bisa merawat atau mempelihara status pasar ber SNI,” tuturnya.

Pasar yang sudah mendapat sertifikat SNI, imbuh Tutik, harus dilengkapi dengan pos ulang, dan mengajak para pedagang untuk berprilaku atau bersikap jujur. Sehingga, di pasar tersebut disiapkan sarana dan prasarana yang menunjang seperti pos ukur dan lain sebagainya.

“Pengelolaan Pasar Rakyat Mangaran yang sudah berstatus SNI ini, sudah menggunakan pembayaran dengan sistem e-retribusi. Selain Pasar Rakyat Mangaran, Pasar Rakyat Kapongan dan Pasar Rakyat Curahkalak juga sudah menggunakan sistem e-retribusi,” jelasnya.

Dari 18 pasar yang ada di seluruh Kabupaten Situbondo, imbuh Tutik, insfrastrukturnya sudah layak, nyaman, bersih dan berwawasan ramah lingkungan.

“Harapan saya ke depan seluruh pasar yang ada di Kabupaten Situbondo mempunyai sertifikat SNI. Untuk saat ini baru dua pasar yang memiliki SNI yaitu, Pasar Rakyat Mangaran dan Pasar Rakyat Kapongan,” pungkasnya. (sony)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here