Selama Cuti Lebaran, Volume Sampah di Bondowoso Meningkat

108
Petugas kebersihan dari DLHP Bondowoso saat membersihkan sampah di Pasar Prajekan

BONDOWOSO – Selama cuti bersama hari raya Idul Fitri tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Bondowoso, mencatat jumlah volume sampah meningkat hingga 5 persen.

Menurut Abdul Asis Kepala Seksi (Kasie) Pengolahan Sampah dan Limbah Bahan Bahaya Beracun pada DLHP setempat, produksi sampah rumah tangga dan sejumlah pasar juga meningkat.

“Sejak akhir ramadhan sampai lebaran kemarin, volume sampah di Kabupaten Bondowoso meningkat 5 persen. Kami bersama teman-teman petugas kebersihan harus ekstra kerja keras, dan alhamdulillah semua bisa teratasi,” katanya, Rabu (19/5/2021) saat kerja bakti di pasar Prajekan.

DLHP mencatat, jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Taman Krocok, per harinya mencapai 58 ton. Jumlah tersebut kemudian meningkat sejak akhir ramadhan dan selama lebaran.

“Data terakhir produksi sampah di Bondowoso 58 ton perhari. Semisal di pasar Induk biasanya 4 rit (angkut) kontainer, saat ini bisa mencapai 5 rit. Peningkatan sampah 5 persen ini, sudah membuat kami harus ekstra kerja keras,” imbuhnya.

Kedepannya, untuk menghindari adanya penumpukan sampah di lingkungan masyarakat, dirinya berharap peran serta semua pihak dalam memilah sampah organik dan non organik.

“Permasalahan sampah ini intinya ada pada pemilahannya. Maka diharapkan nantinya tiap desa dan di lingkungan masyarakat ada bank sampah, sehingga pemilahan sampah nantinya bisa menjadi tabungan dan bernilai ekonomis,” ujarnya. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here