Semangat, 900 siswa SD di Bondowoso Ikut Kuis Siap-Siap Aku Bisa

Kadis Dikbud : Ini menjadi sarana dalam penguatan karakter anak

145
Ratusan siswa sekolah dasar dari 15 SD di Kabupaten Bondowoso yang ikut serta dalam acara kuis Siap-siap Aku Bisa

BONDOWOSO – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan program baru berupa Kuis Siswa Indonesia Cerdas Berkarakter bertajuk kuis ‘Siap-Siap Aku Bisa’ yang menjadi wahana penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bondowoso, Sabtu (28/9/2019) di aula Education Development Centre (EDC).

Semangat, tangguh, cekatan, dan disiplin menjadi karakter utama yang dibangun melalui kuis ini, selain juga kemampuan akademik sebagai materi pokok pertanyaan-pertanyaan dalam kuis. Kuis Siap-siap Aku Bisa yang diikuti siswa sekolah dasar ini akan menjadi ajang kompetisi penuh keceriaan dan persahabatan, karena dilakukan dalam bingkai persaudaraan yang Bhinneka Tunggal Ika.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bondowoso, Drs H Harimas MSi, mengatakan, kuis ‘Siap-siap Aku Bisa’ adalah bagian dari sarana menanamkan karakter mulia kepada anak kita. Aspek religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas bisa ditanamkan melalui kuis tersebut.

“Saya kira ini adalah kegiatan yang sangat positif, jadi anak-anak tidak hanya belajar di dalam kelas, melainkan di luar kelas yang penuh dengan pengalaman dan berbagai hal yang bisa dipelajari. Kuis ini menjadi inspirator bagi insan pendidikan untuk kembali meningkatkan penguatan pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar,” katanya.

Harimas juga menegaskan, membangun bangsa Indonesia bukan hanya berbekal kekuatan ilmu saja. Akan tetapi, pendidikan karakter anak-anak penerus bangsa memiliki peran penting. Bahkan, dirinya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana Kabupaten Bondowoso terpilih menjadi lokasi untuk menyelenggarakan kuis ‘Siap-siap Aku Bisa’.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs H Harimas MSi saat memberikan sambutan dalam kuis Siap-Siap Aku Bisa

“Insya Allah kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua, untuk lebih menguatkan karakter kualitas kepribadian, memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak khususnya, Sekolah Dasar untuk berani tampil menunjukkan kemampuannya. Silakan berkompetisi karena kompetisi adalah syarat menuju kemajuan. kita semua adalah pemenang, saya meyakini suatu saat yang menjadi peserta hari ini akan menjadi orang yang sukses,” jelasnya.

Sementara, Bambang Hadi Waluyo mewakil Mentri Pendidikan membuka langsung kuis ‘Siap-siap Aku Bisa’mengatakan, kegiatan kuis SSAB ini menjadi wahana penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik khususnya siswa sekolah dasar. “Hal ini sesuai dengan Perpres 87 Tahun 2017, yang mengamanahkan agar 70 persen anak didik ditanamkan pendidikan penguatan karakter,” terangnya.

Bambang menyatakan kuis ‘Siap-siap Aku Bisa, yang diikuti 15 sekolah dasar yang berjumlah 900 siswa sekolah dasar ini, akan menjadi ajang kompetisi penuh keceriaan dan persahabatan, karena dilakukan dalam bingkai persaudaraan yang melambangkan Bhinneka Tunggal Ika.

“Perjalanan dari Surabaya tadi malam selama 6 jam cukup membuat badan saya cukup lelah, namun melihat keceriaan dan semangat peserta kuis semangat saya tumbuh kembali. Terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Bondowoso yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Kami optimis, adik-adik peserta kuis ini, akan menjadi pemimpin di negeri ini di masa yang akan datang. Selamat berlomba,” tukasnya sembari membuka acara tersebut. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here