Semarak 200 Gunungan Turut Meriahkan Harjabo ke -200

129

BONDOWOSO – Memasuki dua abad hari jadi bumi Ki Ronggo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso kembali mmenggelar berbagai macam kegiatan, yang dikemas dalam sebuah event tahunan bertajuk Harjabo.

Salah satu pagelaran yang ikut menyemarakkan Harjabo (Hari Jadi Bondowoso) yang ke 200 ini, adalah semarak 200 gunungan yang akan digelar perdana pata tanggal 29 Juni 2019 mendatang.

“Kita akan mengarak tumpeng berisi hasil bumi setinggi 2 meter, yang ditata sedemikian rupa. Kemudian dipikul oleh 4 orang mengelilingi alun-alun Raden Bagus Asra Bondowoso,” urai Kepala Bidang Pariwisata, Adi Sunaryadi melalui pesan WhatsAppnya, Minggu (23/6/2019).

Dikatakan Adi, Semarak 200 gunungan tersebut akan diarak dari depan gedung olahraga (GOR) Pelita. Bahkan, dirinya menerangkan jika ide semarak 200 gunungan adalah gagasan dari Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bahctiar Rahmat.

“Gagasan 200 Gunungan itu ide awalnya dari pak Wabup Irwan Bahctiar, ya. Nanti kalau ga ada perubahan acara itu akan dilepas di depan Gelora Pelita,” tuturnya.

Lebih jauh, Adi mengungkapkan jika gagasan baru tersebut merupakan serangkaian acara Harjabo, dengan harapan dapat membangkitkan semangat memiliki daerah sehingga masyarakat bisa bersama-sama membangun Bondowoso lebih baik lagi kedepannya.

“Membangkitkan semangat memiliki daerah sehingga seluruh elemen masyarakat bisa bersama-sama membangun Bondowoso yang sudah masuk di usia 200 tahun, dan juga sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan potensi wisata daerah Bondowoso,” tukasnya.

Perlu diketahui, Selain Semarak 200 Gunungan, hal baru juga terlihat di agenda Harjabo ke 200, yakni Pecinan Festival. Bahkan, Harjabo kali ini di era pemerintahan Bupati KH Salwa Arifin dan Wakil Bupati H Irwan Bachtiar, bakal melibatkan kerjasama semua OPD, dan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here