Setujui RKU-PPAS APBD 2020, Ini 3 Rekomendasi Tim Banggar DPRD Bondowoso

296
Penandatangan nota kesepakatan RKU-PPAS oleh Bupati Bondowoso dan unsur Pimpinan DPRD

BONDOWOSO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso menyetujui pembahasan rancangan Kebijakan Umum dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KU-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Dari hasil akhir pembahasan antara tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan tim anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, didapatkan tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan APBD tahun 2020.

Melalui juru bicara tim Banggar DPRD Kabupaten Bondowoso, Ady Krisna mengatakan, hal pertama yang harus mendapat perhatian adalah proses pengadaan pada kegiatan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Dalam pelaksanaannya masih menimbulkan permasalahan di lapangan. Harus ada evaluasi terkait perencanaan, petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis),” ungkapnya saat membacakan hasil pembahasan rancangan KU-PPAS APBD tahun 2020, Rabu (17/7/2019), di aula Graha Paripurna gedung DPRD.

Kemudian, menurut politisi Golkar ini adalah upaya Pemkab Bondowoso yang menetapkan sektor pariwisata menjadi penyangga utama pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat.

“Hendaknya didukung dengan anggaran yang memadai untuk menunjang pengembangan destinasi wisata unggulan. Sehingga nantinya, dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi peningkatan pembangunan di Bondowoso,” imbuh Ady Krisna.

Kemudian, sebagai upaya membenahi permasalahan data yang belum terintegrasi bahkan berbeda-beda, lanjut Ady Krisna, pihaknya sangat mendukung upaya perbaikan yang dilakukan Pemkab Bondowoso.

“Salah satunya dengan upaya validasi data dari desa yang terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),” katanya lagi.

Sementara, Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin memberikan apresiasi kepada pihak Legislatif yang telah melakukan pembahasan terhadap rancangan KU-PPAS APBD 2020. Dirinya juga mengapresiasi kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab yang telah bersedia mengikuti seluruh rangkaian pembahasan yang dilakukan DPRD.

“Saya ucapkan terima kasih,” tutupnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here