Sidak Jelang Lebaran, Tim Gabungan Temukan Mamin Kadaluwarsa

46
Tim Gabungan saat melakukan Sidak produk makanan dan minuman di salah satu toko

BONDOWOSO – Tim gabungan dari Dinas Kesehatan bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso dan beberapa instansi terkait, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) makanan minuman menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2021.

Sidak Mamin di beberapa toko modern dan traditional tersebut telah dilakukan selama seminggu sebelumnya. Hasilnya di sejumlah toko-toko masih didapati makanan dan minuman yang telah kadaluwarsa. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Muhammad Imron mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri, dengan tujuan memastikan produk yang dijual benar-benar aman sesuai dengan prosedur. 

“Kami telah melakukan Sidak ke beberapa lokasi seperti toko-toko tradisional dan modern, untuk memastikan bahwa produk makanan minuman benar-benar aman dari sisi kesehatan,” ungkap Imron, Selasa (4/5/2021). 

Sidak tersebut, kata Imron, adalah untuk menindaklanjuti temuan-temuan para tim, sehingga tim memeriksa secara prosedural standard Kesehatan dan BPOM produk mamin yang diperjualbelikan. 

“Kita juga melihat bagaimana mamin dikemas, apakah sesuai dengan prosedur atau belum. Dalam Sidak ini juga, kita menemukan beberapa produk yang kita ambil untuk ditindaklanjuti pengawasannya,” ujarnya. 

Selain melakukan Sidak, pihaknya juga melakukan pembinaan, untuk menjaga keselamatan konsumen terhadap mamin dan akan terus ditindaklajuti setelah hari raya secara retail dan prosedural. 

“Karena ini sifatnya pembinaan, kepada toko-toko ataupun produk yang tidak sesuai, seperti PIRT yang telah kadaluwarsa harus diperpanjang, pada saat ini juga yang tidak memenuhi Display kita ambil untuk dijadikan sample agar tidak diedarkan kepada masyarakat,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here