Sikapi Polusi PG Prajekan, DLHP Tunggu Laporan Resmi Dari Masyarakat

148
Kepala Bidang tata lingkungan dan penataan lingkungan hidup, surat Laboratorium uji lingkungan

BONDOWOSO – Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur akan menindaklanjuti dugaan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh Pabrik Gula (PG) Prajekan.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup akan mengambil langkah untuk mengkroscek keberadaan mesin penggiling tebu yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

“Nanti kita akan mendatangi pihak PG, untuk meminimalisir asap dan limbah yang keluar dari pabrik sehingga bisa berkurang polusi itu,” ungkap Kepala Bidang bidang tata lingkungan dan penaatan lingkungan hidup, Satdtuhu Iswindiyono, Senin (23/19/2019).

Menurutnya, dari pihak dinas sendiri tidak serta merta untuk melakukan uji ataupun kajian terkait polusi tersebut, akan tetapi, harus menunggu musim panen atau giling, sehingga bisa secara mudah untuk meninjau kepulan asap yang dikeluarkan dari cerobong pabrik.

“Ya, kita tidak langsung mengecek, harus nunggu musim giling dulu, kan yang tahu tekhnis mesinnya di PG, jadi kita tetap akan mendatangi pihak PG untuk mencari solusi terbaik,” ujarnya.

Sementara menurut Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian pencemaran lingkungan, Bambang mengatakan, jika pengoperasian PG Prajekan sudah melalui tahapan dan uji laboratorium.

“Kalau untuk uji laboratorium sudah, jadi menurut kita sudah layak untuk beroperasi,”paparnya.

Lebih jauh, Bambang menegaskan, apabila nanti ada keluhan terkait polusi dari pabrik, pihak dari dinas mengharapkan ada laporan dari masyarakat secara resmi atau tertulis, sehingga bisa ditindaklanjuti dengan seksama.

“Selama ini masih belum ada, hanya pernyataan dari camat saja, kita pihak dinas semisal tidak ada acuan surat laporan aduan dari masyarakat, ya, kita takutnya disangka mencari-cari kesalahan PG, jadi kita harapkan ada laporan resmi ke kita,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here