Sikapi Tingginya HIV/AIDS, Anggota DPR RI Sarankan Semua Puskesmas Miliki VCT

253
Anggota Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh saat menandatangani pencanangan Germas di Bondowoso (foto : rizqi/bharata.co.id)

BONDOWOSO – Menyikapi peningkatan penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bondowoso, Anggota Komisi IX DPR RI dari F-PKB, Nihayatul Wafiroh, menginginkan Voluntary Counselling and Testing (VCT) tidak hanya diletakkan di Rumah Sakit saja.

Dirinya menyarankan kepada Dinas Kesehatan agar setiap puskesmas memiliki VCT. Karena, dirinya memprediksi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Bondowoso lambat laun akan semakin meningkat.

“Kami menyarankan setiap puskesmas punya VCT. Karena, selama ini kami melihat, puskesmas masih disibukkan dengan permasalahan pengobatan saja. Padahal, puskesmas harus preventif dan promotif, dan mempunyai peran penting dalam mensosialisasikan permasalahan HIV/AIDS,” katanya usai mencanangkan Germas di Bondowoso, Jumat (6/4/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Mohammad Imron mengungkapkan, selain di Rumah Sakit, saat ini baru dua puskesmas saja yang memiliki VCT. Yaitu, puskesmas Sumber Wringin dan Maesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here