Soal Alih Fungsi Lahan, Perhutani Tidak Pernah Berkoordinasi dengan Pemerintah

62
Wakil Bupati Irwan Bachtiar saat mengunjungi pemukiman warga Dusun Kampung Baru yang tercampak banjir bandang

BONDOWOSO – Wakil Bupati Irwan Bachtiar menyebut, hasil analisa dari BPBD, jika penyebab terjadinya banjir bandang di Desa Sempol dan Kalisat Kecamatan Ijen, karena alih fungsi hutan yang dilakukan oleh Perhutani KPH Bondowoso.

Seperti diketahui, banjir bandang di kecamatan Ijen sudah terjadi 2 kali, yang disebabkan oleh alih fungsi lahan. Oleh karena itu, Pemkab Bondowoso akan berkoordinasi jangka panjang dengan Perhutani, BKSDA dan PTPN XII, serta melakukan reboisasi di lahan Perhutani.

“Kami akan melakukan reboisasi dan membangun kanal-kanal untuk mengantisipasi banjir bandang susulan. Sehingga, jika ini dipersiapkan, kejadian seperti tahun 2015 dan 2020 ini, tidak terulang lagi,” paparnya, Sabtu (1/2/2020) saat meninjau lokasi banjir bandang.

Untuk alih fungsi lahan, lanjut Irwan, selama ini pihak Perhutani tidak pernah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bondowoso. Bahkan, sejak setahun yang lalu, Pemkab sudah memberikan peringatan kepada Perhutani dalam hal alih fungsi hutan.

“Selama ini Perhutani tidak pernah berkoordinasi dengan Pemkab. Bahkan, sudah kami warning sejak setahun yang lalu. Begitu ada alih fungsi lahan ke pertanian (gubis dan kentang) ini sudah kami peringatkan. Dan saat ini terbukti, akibatnya terjadi banjir bandang,” tegasnya.

Selain membangun komunikasi dengan pihak terkait, Pemkab Bondowoso menurut Irwan Bachtiar, akan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di Kecamatan Ijen, untuk peduli dan sadar akan lingkungan.

“Kita juga ingin menyadarkan masyarakat sekitar, supaya jangan sampai melakukan penebangan dan pembakaran hutan, hanya untuk membuka lahan pertanian. Mari kita lestarikan hutan,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya ke Kecamatan Ijen, Wabup juga bertatap muka dengan warga yang terdampak. Bersama Camat, Sekretaris Camat, Kepala Desa, Kapolsek dan Kalak BPBD, Wakil Bupati juga bercengkrama dengan anak-anak korban banjir. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here